Gemuruh Trenggalek

Teliti Sumber Dentuman, 4 Seismograf Dipasang

Tanah retak di Kampung Legok, Bandung
Sumber :
  • Iwan Kurniawan/Bandung

VIVAnews - Hingga saat ini tim Bidang Gempa Bumi dan Gerakan Tanah, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung, berada di Trenggalek, Jawa Timur, melakukan penelitian atas suara menggelegar yang mendentum di sana. 

"Kami baru selesai memasang alat detektor getaran di Kecamatan Dongko, Kampak dan Bendungan. Selama melakukan penelitian lapangan hingga saat ini belum lagi terdengar suara gemuruh," kata ketua tim, Gede Suantika, dalam pesan tertulis yang dikirim ke VIVAnews.com, Kamis 24 Februari 2011.

Suantika menjelaskan, tim yang terdiri dari 5 orang itu diterjunkan ke lokasi untuk melakukan penelitian. Mereka memasang empat unit seismograf sebagai alat detektor.

18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE

"Sebanyak 4 unit yang kita pasang di sejumlah lokasi. Sebentar lagi selesai. Dan, segera difungsikan untuk mendeteksi kemungkinan yang terjadi di lokasi," sambung Gede.

Sebelumnya, PVMBG Bandung menemukan bahwa telah terdengar suara dentuman dan gemuruh dari dalam tanah di Kabupaten Trenggalek. Tidak tanggung-tanggung, dentuman suara gemuruh dari kedalaman tanah tersebut terdengar di 7 wilayah kecamatan.

"Ada suara dentuman atau gemuruh yang berasal dari bawah tanah. Itulah yang saat ini tengah kita teliti," tegasnya.

Namun, dikatakan Gede, pihaknya hingga saat ini belum dapat memastikan apa yang terjadi di kawasan tersebut.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Mobil hilang kendali, terbang dan menabrak garasi

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sebuah tragedi terjadi di Jurupa Valley, California pada pekan lalu di Amerika Serikat. Di pagi hari yang cerah, mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi memasuki jalan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024