Menhan: Atasi Kekerasan, TNI Bantu Polri

Purnomo Yusgiantoro
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menyatakan, negara akan bertindak sesuai konstitusi dan aturan yang berlaku terhadap berbagai upaya inkonstitusional terhadap pemerintah yang sah.

""Kita tidak boleh membuka ruang bagi siapapun untuk memprovokasi masyarakat untuk berbuat kekerasan yang merusak tatanan demokrasi," kata Purnomo dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Jumat 18 Februari 2011.

Sudah sewajarnya provokasi yang mengundang aksi ditanggapi aparat keamanan dengan tindakan tegas dan benar. Bahkan pada saat menyentuh rambu kedaulatan NKRI dan keselamatan bangsa, maka TNI sebagai alat pertahanan negara tidak ada pilihan pasti akan menjalankan tugas dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Untuk meningkatkan efektivitas kegiatan komando teritorial, Kementerian Pertahanan memberikan prioritas perhatian dukungan anggaran terhadap peningkatan kegiatan pembinaan teritorial TNI termasuk sarana pendukung. Hal ini ditujukan untuk lebih memberdayakan TNI dalam tugas operasi militer selain perang, termasuk membantu Polri," kata Purnomo.

Kemudian, Menteri Pertahanan mengajak seluruh komponen bangsa menyatu untuk menolak dan meniadakan perbuatan kekerasan yang mengganggu ketenteraman masyarakat. Aparat penegak hukum bersama dengan tokoh masyarakat agar mencermati akar permasalahan terjadinya tindakan-tindakan yang mengganggu stabilitas.

Kiprah Ninja Xpress Jadi 'Teman' UMKM Bantu Naik Kelas
Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri (JLM)

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM).

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024