Kalla: RI Seperti Mesir Bila Ekonomi Buruk

Jusuf Kalla di Rapat Pansus Century DPR
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, menilai pergolakan politik di Mesir tidak bisa 'ditularkan' ke Indonesia. Meski begitu, kata JK, tetap ada kemungkinan risiko Indonesia akan menjadi seperti Mesir.

"Saya kira tidak. Satu pergolakan itu kalau ada kondisi yang rusak. Apa yang terjadi di Mesir itu ekonominya surut dan otoriter," kata JK usai mendapat menghargaan kemanusiaan dari Pemerintah Kabupaten Bantul, di Kantor PMI Pusat, Jakarta, Senin 14 Februari 2011.

Menurut JK, Indonesia adalah negara demokratis. Sedangkan di Mesir, pemimpinnya lebih ke arah otoriter. Belum lagi kondisi ekonomi di Mesir yang juga menjadi salah satu pemicunya.

Kendati demikian, JK menilai tetap ada kemungkinan kondisi di Indonesia seperti Mesir. "Memang yang harus dijaga itu ekonomi dan juga korupsi. Harus diperbaiki. Begitu korupsi semakin besar dan ekonomi tidak stabil itu bahaya."

Hal lain yang bisa membuat Indonesia seperti Mesir, lanjut JK, yakni kalau harga-harga melonjak naik. "Dan juga bila korupsi lebih besar lagi," ujarKetua Umum PMI tersebut.

Demonstrasi besar di Mesir akhirnya membuahkan hasil. Presiden Hosni Mubarak yang berkuasa sekitar 30 tahun akhirnya menyatakan mundur pada Jumat 11 Februari kemarin.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
Pemain Persikabo 1973

Persikabo 1973 Jadi Tim Pertama yang Terdegradasi dari Liga 1 Musim Ini

Persikabo 1973 menjadi tim pertama yang terdegradasi dari Liga 1 musim 2023/24. Hal tersebut dipastikan usai Laskar Padjadjaran dihajar Persik Kediri 2-5.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024