Polri Tahan 1 Tersangka Penyerang Ahmadiyah

Cuplikan video penyerangan jemaah Ahmadiyah
Sumber :
  • dok. Ahmadiyah

VIVAnews -- Polisi telah menetapkan dua dari sekitar 1.500 orang yang diduga melakukan penyerangan ke rumah pengikut Ahmadiyah di Cikeusik, Pandeglang, Banten.

Satu di antaranya resmi ditahan hari ini. "Dari dua tersangka yang diperiksa, satu sudah ditingkatkan jadi penahanan hari ini," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 9 Februari 2011.

Tersangka yang ditahan itu berinisial U. Yang lain, K alias A belum ditahan. Alasannya masih akan dilengkapi alat buktinya sehingga belum dilakukan penahanan.

Dari tersangka U, tambah Boy, polisi menemukan sejumlah senjata seperti clurit dan tombak. "Nanti jumlahnya saya akan konfirmasi. Tidak ada senjata api,"  kata dia.

Untuk kesekian kalinya, polisi membantah bertindak lambat mencegah serangan di Cikeusik. Menurut Boy, sebenarnya pihak kepolisian telah melakukan antisipasi terhadap potensi kerusuhan yang akan muncul.

 "Antisipasinya sudah sejak hari Jumat, Suparman sudah dihimbau, diajak," kata dia.

Namun, yang menjadi permasalahan dua kendaraan yang datang dari Jakarta yang mendatangi rumah Suparman sepertinya menjadi pemicu datangnya massa secara berkelompok.

Dua tersangka yang ditetapkan polisi diketahui berasal dari Banten, U dari Pandeglang, sementara K alias A bahkan berasal dari desa yang sama, Cikeusik.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam mengatakan, polisi mendapatkan mereka dari media rekaman dan data-data yang didapatkan polisi dari lapangan. Juga berdasarkan apa yang disiarkan media. Kedua tersangka dijerat Pasal 170 jo 338 KUH Pidana. "Yang jelas mereka juga turut melakukan penganiayaan," tambah dia. (sj)

Dibaca 43 Juta Kali, Cerita The Perfect Strangers Ternyata Terinspirasi dari Sopir Taksi
Inter Milan pastikan Scudetto ke-20

5 Fakta Menarik Inter Milan Juara Serie A Musim 2023/2024

Inter Milan memastikan gelar Scudetto musim 2023/2024 setelah menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di San Siro pada Selasa kemarin.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024