Nikahi Anak 12 Tahun di Maros

Kakek Nanning Siap Bercerai

VIVAnews - Baru 12 hari resmi menikah, Nanning, 65 tahun, menyatakan siap menceraikan Nurliah, istrinya yang baru berusia 12 tahun. Nanning menyatakan kesiapan tersebut dalam pertemuan di kantor Polsek Moncongloe, Rabu, 7 Januari 2009.

Pertemuan tersebut berlangsung lebih dari 1 jam, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Moncongloe, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Jafar Sadi.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Hadir juga Kepala Desa Bontomarannu, Imam Desa Bontomarannu, Sattu Daeng Tayang dan Hani kedua orang tua Nurliah, H. Nanning serta tim investigasi Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Sulsel.

Ketua tim Investigasi LPA Sulsel, Gufron K Hordi menceritakan, pertemuan diawali dengan memberikan pemahaman tentang UU Perkawinan dan UU Perlindungan Anak kepada Nanning.

"Nanning diceramahi soal larangan menikahi anak usia dibawah 17 tahun," cerita Gufron kepada VIVAnews, saat ditemui dikantornya.

Kepala Desa, Imam Desa Bontomarannu serta LPA juga menasehati Nanning dan orangtua Nurliah, seputar kesehatan dan psikologis seorang anak, jika nikah pada usia muda.

Mendengar hal itu, Nanning kemudian menyatakan siap menceraikan Nurliah, yang baru dinikahi 12 hari lalu. "Kalau begitu, tidak ada masalah, saya siap menceraikannya," Kata Nanning dalam bahasa Makassar yang kental, seperti disampaikan Gufron.

Semua biaya pernikahan tidak dipersoalkan oleh Nanning. Ia, lanjut Gufron, ikhlash memberikan semua mahar tersebut kepada keluarga Nurliah. Yakni Rp 5 juta rupiah, emas dan lainnya.

Untuk kelanjutannya, Kepala Desa dan Imam Desa akan menyelesaikan seluruh persuratan dalam 2 hari mendatang. "Itu diperlukan sebagai kelengkapan hitam diatas putih jika perceraian sudah dilaksanakan," papar Gufron lagi.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Laporan: Zeena | Makassar

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024