Pramono: Ada Upaya 'Menghilangkan' Gayus

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • VIVAnews/Eko Huda

VIVAnews -- Wakil Ketua DPR, Pramono Anung menyatakan, paspor Guyana atas nama Yosep Morris yang wajahnya sangat mirip dengan Gayus Tambunan, menunjukkan bahwa ada kelompok-kelompok yang melindungi mantan pegawai Direktorat Jenderal Pajak tersebut.

"Persoalan Gayus ini pastilah sangat penting, sehingga dia perlu menghilang atau dihilangkan," kata Pramono di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 19 Januari 2011.

Lebih lanjut, kata Pramono, tampak semakin jelas bahwa kasus mafia pajak yang melibatkan Gayus tidak hanya menyangkut Gayus seorang.

"Persoalannya tidak hanya Gayus, tapi juga atasan Gayus. Gayus ini hanya pemain lapangan. Lantas siapa yang di atas Gayus? Siapa yang memberikan perlindungan kepada Gayus? Siapa yang bermain di sini?" tanya Pramono bertubi-tubi.

Politisi PDIP itu menegaskan, semua jawaban ini harus diselidiki oleh kepolisian.

Sebelumnya, kepolisian menemukan salinan paspor Guyana -- sebuah negara di Amerika Selatan yang berbatasan dengan Brazil dan Venezuela -- dengan foto mirip Gayus Tambunan. Salinan paspor itu ditemukan dalam e-mail antara buronan dan tersangka pemalsu paspor Gayus dengan identitas Sony Laksono.

"Ada berita yang mengabarkan bahwa paspor Republic of Guyana ini ada dalam email Grice (John Jerome/buron) kepada Ari yang kami duga mirip Gayus," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar di Mabes Polri, Jakarta, Selasa 18 Januari 2011.

Paspor dengan foto mirip Gayus itu atas nama Yosep Morris. Dalam paspor itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Tak hanya paspor mirip Gayus, penyidik Polri juga menemukan paspor asing dari negara Guyana dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraeini. Paspor mirip Milana itu atas nama Ann Morris dengan nomor paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6 Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007.
Polri masih melakukan konfirmasi dengan Kedutaan Guyana. Sedangkan Gayus dan milana, melalui pengacaranya, Dion Pongkor membantah paspor itu.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya
Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024