Ini Sebab Sultan Tak Hadir di Istana Hari Ini

Sri Sultan Hamengkubuwono X
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Gubernur-gubernur hari ini hadir di Istana untuk mengambil daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun anggaran 2011. Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, tak terlihat di acara rutin tahunan ini.

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan Sultan sedang cuti dari tugasnya sebagai Gubernur. "Cuti akhir tahun. Ada suratnya. Itu cuti resmi, tidak ada apa-apa," kata Gamawan Fauzi usai penyerahan DIPA di Istana Negara, 28 Desember 2010.

Cuti yang diambil Sultan rupanya berkaitan dengan acara internal Keraton Yogyakarta yang dipimpinnya. Hari ini, Keraton juga menggelar Siraman Pusoko, upacara tahunan di setiap Bulan Muharram.

Aceng, ajudan Sultan, mengatakan acara ini berlangsung dua hari dan rutin dilakukan setiap tahun. "Acara ini tidak bisa ditinggalkan," katanya. Untuk itu, Sultan telah mengutus Wakil Gubernur DIY ke Jakarta mewakili Gubernur.

Acara Siraman Pusoko ini melibatkan kawula Yogyakarta. Mereka berebutan mendapatkan air bekas siraman benda pusaka Keraton itu karena dianggap membawa berkah.

Menaker Ida Sampaikan Pelaksanaan Pemberian THR Lebaran 2024, Tidak Boleh Dicicil

Laporan Erick Tanjung | Yogyakarta

SBY bersama Ibas Hadiri acara Jalan Sehat di Pacitan

Lolos ke Senayan, Ibas Yudhoyono Raih Suara Tertinggi di Dapil Jatim VII

Putra bungsu Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas berhasil melenggang ke Senayan dengan raihan suara tertinggi di dapilnya.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024