Gubernur Hadir di Istana, Kenapa Sultan Absen

Gubernur DIY Sultan Hamengku Buwono X dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • ANTARA/ Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun anggaran 2011. DIPA diserahkan kepada seluruh kementerian/lembaga dan pemerintah propinsi.

Acara ini dihadiri menteri, pemimpin lembaga, dan para gubernur. Namun, dalam acara ini tidak terlihat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Ke mana Sultan? Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan Sultan sedang cuti dari tugasnya sebagai Gubernur.

"Cuti akhir tahun. Ada suratnya. Itu cuti resmi, tidak ada apa-apa," kata Gamawan Fauzi usai penyerahan DIPA di Istana Negara, 28 Desember 2010.

Gamawan sendiri mengaku sudah mengirim draft mengenai Rancangan Undang-Undang Keistimewaan DIY kepada Sultan. "Sultan juga sudah bicara dengan Dirjen. Saya kirim Dirjen ke sana," ucap Gamawan.

Pemerintah pun menyerahkan mengenai RUUK DIY ini kepada Dewan Perwakilan Rakyat. Pemerintah tidak akan melakukan intervensi pembahasan RUU ini di DPR.

"Kami (pemerintah) sudah serahkan ke Dewan, bagaimana baiknya menurut Dewan. Kami hormati DPR lah. Kami kan tidak memaksakan harus begini-begitu," jelas Gamawan. (hs)

Kate Middleton Akhirnya Tampil di Hadapan Publik, Isu Konspirasi Terbantahkan
Komisioner KPU RI August Mellaz.

KPU Nilai Unjuk Rasa Jelang Penetapan Pemilu Hal Biasa dan Selalu Ada

KPU menilai unjuk rasa menjelang penetapan hasil pemilu adalah hal yang biasa. KPU tak mengecilkan ataupun membesarkan aspirasi yang saat ini tengah digaungkan di luar.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024