Jemaat GKI Yasmin Bogor Misa Natal di Trotoar

Jemaat mengikuti misa pada malam Natal 2016.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Jemaat Gereja Kristen Indonesia (GKI) Yasmin, yang terletak di Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, didemo puluhan orang. Meski demikian, ratusan jemaat GKI Yasmin tetap melaksanakan hari raya Natal di jalan trotoar depan gedung GKI yang masih dalam sengketa.

"Kami merayakan Natal ini dengan rasa duka dan senang. Senangnya masih merayakan Natal, dan dukanya kami merayakan Natal di jalan trotoar," kata Alexander Paulus, Majelis Pendamping untuk GKI Yasmin, kepada wartawan, Senin 25 Desember 2010.

Massa yang berdemo mendesak agar perayaan Natal itu dibubarkan dan podium dibongkar. Sementara itu, ratusan petugas kepolisian dari Polres Kota Bogor dan Kedunghalang menjaga ketat gedung GKI Yasmin. Menurut Alexander, walaupun jemaat GKI Yasmin yang sedang merayakan natal ini didemo, jemaat akan tetap beribadah.

Sementara itu, Ahmad Iman, Forum Keluarga Muslim Indonesia (Forkami) Kota Bogor, mengatakan, pihaknya melakukan aksi penolakan perayaan Natal bagi jemaat GKI tersebut. Karena, tempat yang dipergunakan tempat ibadah merupakan fasilitas umum, yakni tempat trotoar.

Selain itu, kata dia, gedung GKI Yasmin belum mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Pantauan VIVAnews.com, bangunan sedang disegel oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

"Sebenarnya kami tidak melarang jemaat Nasrani merayakan natal. Asalkan, di tempat yang mempunyai IMB dan bukan tempat umum," tegasnya.

Wakili Alumni Akabri, Begini Doa SBY untuk Prabowo

Sekitar pukul 22.00 WIB, Polres Kota Bogor akhirnya membubarkan jemaat GKI Yasmin dan mengawal mereka hingga pulang ke kediaman. Pengawalan oleh Brimob Kedung Halang dilakukan karena massa yang berdemo masih berkumpul. Pengawalan dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. (Laporan: Ayatullah Humaeni l Bogor I hs)

Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Surabaya.

Khofifah Belum Komunikasi dengan PKB, Cak Imin Bilang Banyak Stok Kader

PKB terbuka untuk koalisi dengan partai apapun.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024