Mahfud MD: Saya Tak Merasa Diancam

Mahfud MD
Sumber :

VIVAnews -- Ketua Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD mendapatkan ancaman dari seseorang terkait gugatan Yusril Ihza Mahendra yang mempersoalkan keabsahan jabatan Jaksa Agung, Hendarman Supandji.

Ditemui hari ini, Mahfud mengaku masalah itu sudah selesai tak usah diperpanjang.  "Pokoknya bukan ancaman fisik, tapi barter," kata Mahfud di Gedung Mahkamah Konstitusi, Kamis 23 Desember 2010.

Dijelaskan Mahfud, saat diminta tentang mafia hukum dalam acara Evaluasi Kinerja Satgas di Istana Bogor, ia mengatakan mafia hukum bukan hanya masalah uang, membayar uang buat perkara. "Tapi juga intrik politik, seperti tekanan yang terjadi," kata Mahfud.

Diceritakan dia, seseorang mencoba melakukan barter dengannya. "Kalau bapak mau kalahkan Hendarman, MK ini juga akan diguncang, akan ada indikasi korupsinya," kata Mahfud mengulangi perkataan pihak yang ingin barter itu.

Pihak itu, tambah Mahfud, mengaku punya bukti A1 ditunjukkan ke dirinya. "Saya bilang itu bukti A100 bukan A1, karena tahun 2003 sudah dinyatakan clear oleh kejaksaan," kata dia. 

Apakah Mahfud merasa diancam? "Saya tidak merasa diancam secara politik, ini hanya barter saja. Kalau MK ingin aman keputusannya harus begini-begini."

"Dalam konteks ada orang yang ingin jelekkan MK adalam berbagai manuver. Silakan saja, kalau ada [kasus MK] saya mau hantam sendiri MK ini."

Seperti diketahui, MK mengabulkan pengajuan uji tafsir UU Kejaksaan yang diajukan Yusril. Sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Hendarman sudah tidak sah lagi menjabat sebagai Jaksa Agung untuk periode 2010-2015.

Atas putusan MK tersebut, Presiden SBY pada 24 September mengeluarkan keputusan untuk memberhentikan Hendarman sebagai Jaksa Agung.

Tas Istri Dicuri Hingga Barang Berharga Raib, Pasha Ungu Beberkan Hal Ini
Presiden Joko Widodo saat menjamu para Calon Presiden Pemilu 2024, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di Istana Negara, Jakarta Senin 30 Oktober 2023.

KPU Undang Anies dan Ganjar Hadiri Penetapan Pemenang Pilpres 2024

KPU RI memastikan juga mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024