Getaran Gempa DIY Seperti Truk Tronton Lewat

Peta zona rawan bencana di Jawa Tengah
Sumber :
  • vsi.esdm.go.id

VIVAnews - Yogyakarta diguncang gempa berkekuatan 5,8 skala richter (SR) di kedalaman 16 kilometer. Guncangan gempa sangat terasa sampai ke wilayah Kota Yogyakarta.

"Di DIY getarannya mencapai 3-4 MMI. Itu goyangannya seperti guncangan truk tronton yang lewat," kata petugas Pusat Gempa Nasional, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Andri, kepada VIVAnews.com, Selasa 21 Desember 2010.

"Daerah yang getarannya agak keras yang pasti di Wonosari. Saat ini belum ada data tentang gempa susulan," ujar Adri. "Daerah lain juga masih kami pantau." Pusat gempa sendiri berada sekitar 140 kilometer arah tenggara Wonosari.

Sementara, Trijarwanto, warga Pantai Samas, Bantul, mengaku merasakan guncangan gempa cukup lama. Menurut dia, begitu merasakan guncangan, warga langsung berlarian ke luar rumah. "Semua kaget," kata dia kepada VIVAnews.com.

Hal serupa juga dialami Mas'ud, warga Kecamatan Imogiri. "Kali ini lebih lama dari gempa sebelumnya," kata dia.

Namun menurut Kesbangpolimas Kabupaten Bantul, Edi Susanto, belum ada laporan tentang kerusakan rumah akibat gempa. "Kita masih melakukan pengecekan," kata dia.

Gempa juga dirasakan warga di Desa Argomulyo, Cangkringan, Sleman selama satu menit. Namun tidak ada kepanikan. Warga hanya terdiam beberapa saat, lalu kembali melanjutkan aktivitasnya.

Laporan: Juna Sanbawa, Heru Lesmana | Yogyakarta

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024