Akhir Tahun

Penumpang di Soekarno Hatta Sekitar 1,9 Juta

Maskapai Garuda Indonesia
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Sejumlah maskapai penerbangan nasional mengajukan tambahan penerbangan menjelang Natal dan Tahun Baru 2011. Pengajuan penerbangan terbanyak untuk tujuan Jakarta - Denpasar.

Perusahaan pengelola Bandara Soekarno Hatta, PT Angkasa Pura II, menyatakan Maskapai yang telah mengajukan tambahan penerbangan tersebut antara lain Garuda Indonesia sebanyak 16 penerbangan tujuan Denpasar, dua penerbangan menuju Surabaya, dan 46 jadwal ke Pontianak.

Kemudian Indonesia AirAsia sebanyak 144 penerbangan menuju Denpasar dan 16 penerbangan ke Singapura. Sedangkan maskapai lainnya adalah Mandala Airlines, yang mengajukan 16 penerbangan tambahan ke Hong Kong. "Total penambahan 320 penerbangan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko dalam keterangan tertulis, Selasa 21 Desember 2010.

Tri Sunoko memperkirakan, jumlah penumpang Natal dan Tahun Baru di Bandara Soekarno–Hatta diperkirakan mencapai 1,9 juta orang. Jumlah ini lebih besar 15 persen bandingkan masa yang sama pada tahun sebelumnya. ”Tahun lalu penumpang hanya 1,67 juta orang," katanya.

Sebagai antisipasi lonjakan penumpang, Angkasa Pura II telah melakukan berbagai persiapan. Dari sisi udara, Angkasa Pura telah menyiapkan fasilitas pendukung pemanduan lalu lintas udara. Sedangkan dari sisi darat, Angkasa Pura menyiapkan monitoring dan pengamanan di terminal-terminal penumpang.

Untuk mengoptimalikan pengaturan kawasan bandara, pengawasan dan pengaturan lalu lintas kendaraan penumpang di pintu masuk bandara akan dilakukan oleh 200 personel Polres Bandara. Jumlah itu belum termasuk personel pengawas dan pengatur lalu lintas di area Terminal 1, 2 dan 3. Demikian juga di area parkir, Angkasa Pura juga memperbesar kapasitas hingga mencapai 7.946 unit kendaraan.
 
Angkasa Pura juga mengantisipasi terjadinya perubahan jadwal penerbangan akibat pengunduran (delay) maupun pembatalan (cancel). ”Prinsipnya kami akan secepatnya menyampaikan perubahan jadwal kepada pengguna bandara," katanya.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta
Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024