Busyro Muqoddas Resmi Ketua KPK

Busyro Muqoddas
Sumber :
  • ANTARA/Puspa Perwitasari

VIVAnews - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan pelantikan Ketua KPK, Busyro Muqoddas dan tujuh anggota Komisi Yudisial. Pelantikan ini digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin 20 Desember 2010.

SIM Mati Bisa Diperpanjang, Tidak Perlu Bikin Baru

Masa jabatan Busyro KPK hanya satu tahun, menggantikan Antasari Azhar sebagai Ketua KPK pada masa jabatan 2007-2011. Pelantikan Busyro sebagai Ketua KPK berdasarkan Kepres 129/2010.

Sedangkan tujuh anggota Komisi Yudisial yang dilantik yaitu Abbas Said, Eman Suparman, Ibrahim, Imam Anshori, Jaja Ahmad Jayus, Suparman Marzuki, dan Taufiqurrohman. Pelantikan itu berdasarkan Kepres 130/2010.

Masyarakat Diimbau Waspada Terhadap Penawaran Paket Umrah dan Haji Harga Murah

Sesudah dilantik, Busyro mengatakan KPK ingin menangani kasus satu persatu, seperti kasus Bank Century, Gayus Tambunan dan beberapa kasus lain. Menurutnya KPK akan mengerjakan kasus tanpa agenda politik apapun.

KPK tidak bisa menjadikan variabel pengaruh politik sebagai suatu pertimbangan untuk melakukan kebijakan internal. Busyro mengaku sebelum dirinya resmi berkantor di KPK, ia sudah melakukan silaturahmi dan banyak bertanya dengan pimpinan KPK dan para deputi.

Sementara anggota KY, Abbas Said mengaku masih buta mengenai apa yang akan dijalankan nanti. Ketika ditanya mengenai pemilihan dirinya, Abbas mengatakan dia hanya bersifat pasif saja. "Saya hanya berpegangan kalau Tuhan hendak mengangkat seseorang, tak satupun orang menahannya," ujarnya.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia

Pernah Dampingi Gibran ke Papua, Bahlil Bantah Tudingan Tak Netral

Bahlil Lahadalia merespons tudingan dalam sidang sengketa Pilpres 2024 di MK. Ia dituding tak netral dengan mendampingi Gibran Rakabuming Raka ke Papua.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024