Menhan Bantah Wikileaks Soal Kopassus

Pasukan TNI
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Bocoran Wikileaks yang dilansir laman harian Australia, The Age, menyebut Indonesia meminta Amerika Serikat mencabut larangan memberikan bantuan bagi pelatihan Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro membantah informasi yang dibocorkan Wikileaks itu.

"Tidak ada itu. Betul tidak ada," kata Purnomo di Kantor Presiden, 17 Desember 2010. 

Namun, Purnomo membenarkan telah pulihnya kerjasama militer AS dengan Kopassus. Hal ini pun sudah diumumkan oleh Menteri Pertahanan AS Robert Gates saat berkunjung ke Indonesia, Juli lalu.

"Memang sudah diumumkan oleh Menteri Pertahanan Robert Gates beberapa bulan sebelum Obama datang. Sekarang tidak ada masalah," ucap Purnomo.

Selain itu, Purnomo menambahkan, kerjasama Indonesia dengan AS pun dilakukan secara sejajar. Tidak ada permintaan kerjasama yang dilakukan dengan dasar paksaan. "Kita dan Amerika sejajar. Sama-sama (kedudukannya), kita tidak memaksa mereka," lanjut Menteri Purnomo. (kd)

Terpopuler: Harga Pemain Timnas Indonesia Paling Mahal, Naturalisasi Shin Tae-yong
Deva Mahenra dan Mikha Tambayong

Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan

Ramadan menghadirkan kesan yang lebih mendalam saat dirayakan bersama keluarga. Namun, berbeda dengan sejumlah artis ini karena memiliki pasangan beda agama.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024