Petojo Ambles, Polisi Panggil Pengembang

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, amblas
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Kepolisian Metro Gambir akan memeriksa pelaksana proyek penanggulangan banjir di Kali Siantar, Cideng, Jakarta Pusat, yang menyebabkan Jalan Petojo VIJ ambrol.

Menurut Kepala Reskrim Polsek Gambir, Ajun Komisaris Taufik, pemeriksaan ini terkait kerusakan belasan rumah warga akibat pelaksanaan proyek tersebut.

"Kami akan panggil dalam waktu dekat. Surat pemanggilan sudah ditandatangani pimpinan," ujar Taufik, di Jakarta, Jumat 17 Desember 2010.

Sebelum memanggil pimpinan proyek, Polsek Gambir akan memintai keterangan warga, termasuk Ketua RT 02 RW 06, Suratno. Taufik menegaskan pimpinan proyek dari PT Rudy Jaya harus mempertanggungjawabkan pekerjaan mereka.

"Kami belum mengetahui kepastian waktu pemanggilannya. Tunggu saja," katanya.

Menurut Suratno, selama proyek pengerukan kali berlangsung, sejumlah rumah warga mengalami keretakan akibat pemasangan tiang pancang di dekat rumahnya mereka. Hingga kini, belum ada kompensasi secara materi yang diberikan kontraktor kepada warga.

"Padahal sudah ada surat perjanjian mengenai ganti rugi dari pihak kontraktor jika ada kerusakan pada rumah warga," ucap Suratno.

Warga lain bernama Riko mengatakan, pimpinan proyek
seperti lepas tangan terhadap masalah ini. Dirinya menyesalkan proyek yang dilakukan tanpa ada sosialisasi dari Pemprov DKI kepada warga.

Rumah Riko berada persis di bibir jalan yang longsor. Selain dindingnya retak, jalan tepat di depan halaman rumahnya pun sudah merenggang.

Sebelumnya, Pemerintah DKI Jakarta, melalui Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Ery Basworo menjelaskan, penyebab pasti dari ambrolnya jalan sepajang 15 meter dengan luas empat meter masih terus diteliti.

Dinas Pekerjaan Umum DKI, menyanggupi untuk memperbaiki jalan yang ambrol secara bertahap, dan menjamin pengantian kerugian akan ditepati sesuai kesepakatan yang tercantum dalam kontrak kerja. (adi)

Isi Ramalan Prabu Jayabaya yang Sebut Cerminkan Pemimpin Indonesia
Lee Mijoo Lovelyz.

Plot Twist, Lee Mijoo Jalin Asmara dengan Pesepakbola Top Song Bum-keun

Biz Enter melaporkan Lee Mijoo mengunjungi Jepang untuk bertemu dengan Song Bum-keun yang saat ini sedang merumput di salah satu klub sepakbola di Jepang, Shonan Bellmare

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024