Lampung Gempa 5,9 SR

peta wilayah Indonesia yang berpotensi rawan gempa
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 5,9 pada skala richter (SR) mengguncang Lampung. Gempa berada pada kedalaman 25 kilometer.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa 5,9 SR terjadi sekitar pukul 16.18 WIB, Senin 13 Desember 2010 di Krui, Lampung.

Pusat gempa berada pada koordinat 6.60 Lintang Selatan dan 103.74 Bujur Timur. Gempa terdeteksi berada di arah 158 kilometer barat daya Krui, Lampung. Hingga kini belum diketahui apakah gempa itu menimbulkan korban jiwa, luka-luka, ataupun kerusakan.

Menurut Kepala Balai Besar II BMKG, Suhardjono, gempa disebabkan oleh pergeseran lempeng di bagian barat Lampung. Menurut dia, gempa itu tidak mempengaruhi aktivitas Gunung Anak Krakatau.

"Karena pada dasarnya, gempa atau letusan gunung disebabkan oleh pergeseran lempeng. Bukan berarti, gempa mempengaruhi gunung itu," kata Suharjono kepada VIVAnews.com.

Dia juga menjelaskan, gempa tidak berpotensi tsunami. "Karena magnitude-nya kecil dan kedalamannya hanya 25 km," ujarnya.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat
Workshop Literasi Digital

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua

Semua guru dan murid yang hadir menunjukkan antusiasme tinggi dalam menyimak materi dari para narasumber.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024