NASIONAL

Dr. Danny: Bakal Ada Gempa Besar di Mentawai

Prediksi berdasarkan pola gempa-gempa besar di wilayah Mentawai yang cenderung berulang.

ddd
Jum'at, 10 Desember 2010, 20:39
Dr. Danny Hilman Natawidjaja
Dr. Danny Hilman Natawidjaja (dokumen pribadi)

VIVAnews - Gempa bumi 7,2 Skala Richter yang memicu tsunami di perairan Mentawai akhir Oktober lalu menjadi semacam isyarat adanya gempa besar selama periode setahun mendatang.

Prediksi itu disampaikan ahli paleotsunami Pusat Penelitian Geoteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Dr. Danny Hilman Natawidjaya dalam diskusi di Bina Graha, Jakarta, Jumat, 10 Desember 2010. "Kami bisa prediksi besarnya, tapi tidak bisa prediksi kapan. Kapan dia (gempa) keluar, itu pertanyaan susah," katanya.

Hilman menyampaikan prediksi itu berdasarkan pola gempa-gempa besar di wilayah itu yang cenderung berulang. Siklus gempa besar di zona subduksi Mentawai selalu berulang mengikuti siklus 200 tahunan.

Gempa terakhir terjadi pada tahun 1797 dan 1833. Karena itulah Danny memperkirakan tak lama lagi bakal ada gempa besar di segmen Mentawai yang meliputi wilayah Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, hingga pertengahan Pulau Pagai Selatan.

Gempa dan tsunami Mentawai 25 Oktober lalu setidaknya mengakibatkan 427 orang meninggal, 75 hilang, 170 luka berat, 324 luka ringan, dan 15.097 warga di empat kecamatan mengungsi. (kd)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
restutandirerung
11/12/2010
dengan rendah hati kita yg hidup dgn plus minus alam Nusantara harus menerima konsekuensi. jangan yg senang dan indah2nya saja yg kita terima. saya salut para ahli kita terus melakukan sosialisasi dr riset tiada henti.
Balas   • Laporkan
datuak | 11/12/2010 | Laporkan
riset sih boleh..tapi para ahli itu seenaknya bicara tanpa memikirkan psikologi masy, karena mereka hanya ahli. Pikiran para ahli;(kalau dengar boleh,kalau ndak mau dengar,ya terserah,mati)
datuak
10/12/2010
hai...hai........udah ribuan kali anda katakan itu, basi tau........belum puas dipublikasi media ya..alay
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id