Mahfud MD Sikapi Hasil Investigasi Suap di MK

Hakim konstitusi Mahfud MD dan Akil Mochtar
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD dan tim investigasi dugaan suap di Mahkamah Konstitusi sudah menggelar keterangan pers bersama. Dalam keterangan pers kemarin tidak ditemukan bukti adanya suap di tubuh MK. Hari ini, Ketua MK dan Hakim Konstitusi akan menyatakan sikapnya.

Informasi dari Biro Kehumasan Mahkamah Konstitusi, Mahfud MD dan Hakim Mahkamah Konstitusi akan menentukan sikapnya terkait hasil penyelidikan investigasi tim yang belakangan dipimpin Bambang Widjojanto.

Pernyataan sikap dari Mahfud MD dan hakim Mahkamah Konstitusi itu akan disampaikan di lantai 15 gedung MK, Jakarta Pusat, sekitar pukul 10.30 WIB, Jumat 10 Desember 2010.

Mahfud MD sendiri membatalkan niatnya mundur sebagai Ketua MK. Pembatalan ini dinyatakan Mahfud menyikapi hasil tim independen yang mengusut dugaan suap di tubuh MK.

"Niat saya mundur menjadi gugur karena hasil tim investigasi tidak menemukan dugaan suap langsung ke hakim konstitusi," kata Mahfud MD kemarin.

Buntut dari hasil investigasi itu, Hakim Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar akan melaporkan Bupati Simalungun ke Komisi pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan percobaan penyuapan Hakim MK. Selaku kuasa hukumnya, Refly Harun juga ikut dilaporkan.

Saat dimintai komentarnya, Refly mempertanyakan niat hakim konstitusi tersebut. "Kan jelas dalam jumpa pers, kami tidak menyebut nama karena kami berlandaskan asas praduga tak bersalah," kata Refly saat dihubungi VIVAnews. (umi)

Konfrontasi Memanas, Iran Pertimbangkan Penggunaan Nuklir Lawan Israel
Timnas Qatar U-23 rayakan gol lawan Timnas Indonesia U-23

Gol Menit 103, Qatar Lolos Perempat Final Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Yordania

Timnas Qatar U-23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Kepastian itu didapat usai sang tuan rumah mengalahkan Yordania.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024