NASIONAL

Gempa Guncang Manokwari

Seribu Penduduk Manokwari Mengungsi

Mereka mengungsi ke daerah ketinggian. Penduduk takut terjadi tsunami.

ddd
Minggu, 4 Januari 2009, 13:43
Peta Irian Jaya Barat
Peta Irian Jaya Barat (Papuaweb.org)

VIVAnews – Badan Penanganan Bencana Nasional (BPBN) melaporkan sedikitnya seribu penduduk yang menetap di pesisir pantai Manokwari, Papua Barat, mengungsi. Mereka menyingkir dari tempat tinggalnya setelah daerah itu dihajar gempa bumi tadi pagi.

“Mereka mengungsi ke daerah ketinggian, di halaman rumah, penduduk, kantor-kantor dan sisi badan jalan,” kata Priyadi Kardono, juru bicara BPBN, kepada VIVAnews, Minggu 4 Januari 2009.

Walau terjadi pengungsian besar-besaran, kata Priyadi, penduduk tetap berusaha menenangkan diri. Yang mereka lakukan itu, kata dia, untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan di sana.

Badan Meteorologi dan Geofisika mencatat gempa di Manokwari terjadi beberapa kali. Gempa pertama pukul 02.43 WIB berkekuatan 7,2 SR. Gempar susulan ke enam pukul 05.33 WIB berkekuatan 7,6 SR. Tercatat sedikitnya 20 kali gempa susulan di daerah itu.

Gempa di Mankowari mengakibatkan kerusakan sejumlah infrastruktur, seperti rumah penduduk dan area publik. Korban jiwa akibat musibah itu, menurut catatan BPBN, satu orang.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyno telah mengutus empat menteri datang ke daerah itu. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, dan Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah. Priyadi Kardono, ikut mendampingi mereka selama ke lokasi gempa. Mereka diutus untuk memberikan bantuan dan penanganan.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com