Gempa Guncang Manokwari

Seribu Penduduk Manokwari Mengungsi

VIVAnews – Badan Penanganan Bencana Nasional (BPBN) melaporkan sedikitnya seribu penduduk yang menetap di pesisir pantai Manokwari, Papua Barat, mengungsi. Mereka menyingkir dari tempat tinggalnya setelah daerah itu dihajar gempa bumi tadi pagi.

Otto Hasibuan Klaim Pemilu 2024 Paling Damai, Bukan Paling Buruk

“Mereka mengungsi ke daerah ketinggian, di halaman rumah, penduduk, kantor-kantor dan sisi badan jalan,” kata Priyadi Kardono, juru bicara BPBN, kepada VIVAnews, Minggu 4 Januari 2009.

Walau terjadi pengungsian besar-besaran, kata Priyadi, penduduk tetap berusaha menenangkan diri. Yang mereka lakukan itu, kata dia, untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan di sana.

Jelang Lebaran, Irish Bella Ajarkan Anak Cara Bedakan Nominal Uang THR

Badan Meteorologi dan Geofisika mencatat gempa di Manokwari terjadi beberapa kali. Gempa pertama pukul 02.43 WIB berkekuatan 7,2 SR. Gempar susulan ke enam pukul 05.33 WIB berkekuatan 7,6 SR. Tercatat sedikitnya 20 kali gempa susulan di daerah itu.

Gempa di Mankowari mengakibatkan kerusakan sejumlah infrastruktur, seperti rumah penduduk dan area publik. Korban jiwa akibat musibah itu, menurut catatan BPBN, satu orang.

Gunung Kidul Yogyakarta Diguncang Gempa, Getaran Terasa hingga Pacitan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyno telah mengutus empat menteri datang ke daerah itu. Mereka adalah Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, dan Menteri Perhubungan, Jusman Syafii Djamal, Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari dan Menteri Sosial Bachtiar Chamsyah. Priyadi Kardono, ikut mendampingi mereka selama ke lokasi gempa. Mereka diutus untuk memberikan bantuan dan penanganan.

Pemain Persib Bandung bagi-bagi takjil

Persib Bandung Bagi-bagi Takjil Gratis, Maskot Ikut Turun ke Jalan

Persib Bandung kembali berbagi kebahagiaan di bulan Ramadhan. Menjelang buka puasa, Persib melalui program Sauyunan berbagi takjil gratis kepada masyarakat pada Rabu.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024