Mentawai Diguncang Gempa 5,3 SR

Tsunami Mentawai
Sumber :
  • AP Photo/ Setwapres

VIVAnews - Gempa bumi berkekuatan 5,3 pada skala richter (SR) terjadi di lokasi bencana gempa dan tsunami Pagai Selatan, Mentawai, Sumatera Barat. Belum diketahui apakah ada korban jiwa, luka-luka, atau kerusakan akibat gempa ini.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 5,3 SR terjadi pada pukul 14.56 WIB di Pagai Selatan, Sumatera Barat, Senin 6 Desember 2010.

Gempa berpusat di 102 kilometer barat daya Pagai Selatan atau 131 kilometer barat daya Pagai Utara. Gempa berada di koordinat 3.88 Lintang Selatan - 100.02 Bujur Timur. Kedalaman gempa berada di 33 kilometer dari permukaan laut.

Setelah goyangan 7,2 Skala Richter yang memicu tsunami pada 25 Oktober 2010 lalu, gempa sepertinya belum mau menjauh dari bumi Mentawai.

Mentawai terus diguncang ratusan gempa dengan magnitude yang bervariasi. Di antara ratusan gempa itu, gempa dirasakan (kekuatannya di atas 5 SR) ada 26 kali.

Gempa dirasakan ini berkisar antara 5 SR sampai 6,2  SR. Gempa berkekuatan 6,2 SR terjadi sehari setelah gempa besar 7,2 SR. Namun tidak memicu terjadinya tsunami. (umi)

Mahfud MD Jelaskan Alasan Tak Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres di KPU
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Berkelakar Singgung Senyuman Berat, Anies: Kan Beliau yang Alami, Kita Biasa Aja

Prabowo dalam pidato di KPU menyinggung Anies dan Cak Imin karena melemparkan senyuman yang berat lantaran pernah mengalami kondisi yang sama.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024