Jalan Martadinata yang Amblas Dibuka Hari Ini

Jalan RE Martadinata, Jakarta Utara, amblas
Sumber :
  • ANTARA/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Setelah melalui perbaikan, Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, mulai dibuka kembali. Selama sepekan, uji coba ketahanan jalan dilakukan dan kendaraan yang diperbolehkan melintas hanya kendaraan pribadi dan sepeda motor.

Sementara angkutan berat seperti truk dan kontainer belum diperbolehkan melintas. Kendaraan berat yang akan menuju Tanjung Priok dialihkan melalui Jalan Danau Sunter Selatan, Jalan Yos Sudarso, dan menuju Tanjung Priok.

Hari ini, Senin 6 Desember 2010, Dirjen Bina Marga Kementerian PU, bersama dengan Walikota Jakarta, Polda Metro Jaya, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akan mengelar rapat membahas ketentuan kuantitas kendaraan tang boleh berada di jalan itu. Hasil evaluasi umum nantinya akan menentukan apakah jalan RE Martadinata bisa dilalui seluruh kendaraan atau tidak.

Perbaikan jalan RE Martadinata dilakukan dengan memasang 84 bore pile dan 120 sheet pile. Pengarapannya menghabiskan dana Rp9 miliar, yang diambil dari anggaran tanggap darurat dalam APBN 2010.

Hasil evaluasi secara maksimal nantinya akan menentukan . Untuk itu Kementerian Pekerjaan Umum butuh koordinasi dengan Pemprov DKI karena ini jalan umum yang digunakan warga Jakarta.

Desain Jalan RE Martadinata disiapkan tahan sampai 20 tahun dengan perkuatan bore pile pada kedalaman 24 meter. Sehingga daya tahan penopangnya jauh lebih kuat dan lebih tahan terhadap gerusan air laut atau air sungai.

Pantuan VIVAnews, sejak pagi sejumlah petugas Satpol pp telah melakukan penjagaan di Jalan RE Martadinata untuk menghalau kendaraan berat yang akan melintas. Semua kendaraan berat diminta putar balik selama jalan dalam masa uji coba. (adi)

Tersambar Petir, Bangunan Saung Bambu Mang Eking di Tangerang Terbakar

Laporan: Arnes Ritonga| Jakarta Utara

Ilustrasi: Para santri Ma'had Al Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo

Pendaftaran Ujian Masuk UIN Dibuka Hari Ini

Panitia Nasional Ujian Masuk Perguruan Tinggi keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara resmi membuka pendaftaran ujian masuk UIN, 17 April-15 Juni 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024