NASIONAL

Gempa Padang

Takut Tsunami, Warga Lari ke Dataran Tinggi

Ribuan warga Kota Padang panik dan bingung, apakah gempa ini bisa timbulkan tsunami?

ddd
Jum'at, 3 Desember 2010, 11:01
Gempa di Kota Padang tahun 2009
Gempa di Kota Padang tahun 2009 (AP Photo/Dita Alangkara)

VIVAnews - Gempa kuat yang mengguncang Kota Padang membuat panik ribuan warga Ibukota Provinsi Sumatera Barat itu. Warga semakin bingung karena tak ada informasi mengenai gempa ini.

"Saya tadi sedang berada di lantai tiga gedung, langsung berlarian turun namun terjatuh-jatuh karena gempanya kuat sekali," kata Indra, warga Kota Padang, saat dihubungi VIVAnews, Jumat 3 Desember 2010.

Indra langsung meninggalkan gedung itu untuk pulang ke rumah. "Dua anak saya ada di rumah, saya khawatir sekali," katanya.

Indra menyatakan gempa hanya berlangsung sebentar. Dia tak tahu berapa kekuatan gempa, karena belum mendapatkan informasi apa pun.

Saat dihubungi, Indra mengaku khawatir gempa bakal menimbulkan tsunami.

Kekhawatiran Indra ini terjadi pada banyak warga Padang lainnya. Dinny, seorang mahasiswa Universitas Negeri Padang, yang sedang berada di Pasar Raya, mengaku terjebak kemacetan di tengah kota.

"Orang-orang kayaknya berusaha menuju tempat tinggi," katanya.  "Sekarang di sekitar Lapangan Imam Bonjol macet total," ujarnya.

Dinny tak tahu, berapa kekuatan gempa yang melanda Padang pukul 10.11 itu. Setelah diberitahu bahwa gempa terjadi di darat, barulah kekhawatirannya hilang.

Gempa yang terjadi pukul 10.11 ini berkekuatan 4,2 skala Richter namun karena terjadi di kedalaman 10 kilometer di area 7 kilometer dari Padang, gempa dirasakan pada intensitas IV MMI di Kota Padang. Warga bahkan mengaku, gempa ini lebih kencang dari pada gempa kuat terakhir pada 25 Oktober lalu. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id