NASIONAL

Habibie, Ainun, dan Psikosomatik

Penyakit ini terus menggerogoti tubuh Habibie akibat terus memikirkan belahan jiwanya.

ddd
Rabu, 1 Desember 2010, 06:36
BJ Habibie, Ainun Habibie dan 2 cucu mereka
BJ Habibie, Ainun Habibie dan 2 cucu mereka (Antara/ Ujang Zaelani)

VIVAnews - Kehilangan pasangan hidup bukanlah hal yang mudah bagi mantan Presiden, Bacharuddin Jusuf Habibie. Kepergian Ainun sempat membuatnya mengidap penyakit psikosomatik.

Penyakit ini, dikatakan Habibie dalam pengantar buku Habibie&Ainun, merupakan sebuah gejala penyakit yang sangat erat hubungannya dengan faktor fisik psikologis dan sosial. Saat itu, emosi anak keempat dari delapan bersaudara ini menjadi berlebihan dan berdampak buruk bagi kesehatannya.

"Bagi saya pribadi hikmah menulis buku ini telah menjadi terapi mengobati kerinduan rasa tiba-tiba kehilangan seseorang yang selama 48 tahun 10 hari berada dalam kehidupan saya," tutur Habibie, Selasa malam.

Ainun bagi Habibie adalah bagian dari jiwanya yang tak terpisahkan. Namun, dia pun tak ingin penyakit ini terus menggerogoti tubuhnya akibat terus memikirkan belahan jiwanya yang sudah lebih dulu dipanggil Yang Maha Kuasa.

"Saya mencoba memenuhi anjuran dokter, baik di Hamburg, Muenchen dan Indonesia, bahwa saya harus terhindar dari gangguan psikosomatik," ungkapnya.

Untuk menutupi kekosongan jiwa, Habibie mencoba menuliskan sebuah buku untuk mencurahkan perasaan emosionalnya yang terus menerus tak terkendali. Selama menulis, ayah dua orang anak ini mengaku terus menitikkan air mata. Bahkan, dia sempat tak kuasa melanjutkan buku kisah cintanya bersama Ainun.

"Hikmah yang saya petik, ketika saya sedang mencoba mengembalikan semua jalinan peristiwa dalam kehidupan saya bersama Ainun, saya mendapat hidayah untuk kembali merenungkan lebih jauh makna kehidupan manusia di alam fana ini," ujarnya. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com