DPR Cecar Menaker Soal TKI Hari Ini

Menteri Patrialis Akbar & Muhaimin Iskandar lihat TKI dipulangkan
Sumber :
  • Antara/ Ismar Patrizki

VIVAnews - Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) akan menggelar rapat dengan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, Senin 29 November 2010 pukul 14.00 Waktu Indonesia Barat.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

"Kami akan tanyakan persoalan TKI secara menyeluruh," ujar anggota Komisi IX Rieke Diah Pitaloka saat dihubungi Minggu kemarin.

Pemanggilan Menakertrans ini adalah bagian dari terungkapnya serangkaian permasalahan yang dihadapi para TKI di beberapa negara. Salah satunya penyiksaan yang dihadapi Sumiati (23) di Arab Saudi.

Rieke sendiri menilai, solusi yang ditempuh pemerintah dengan memberikan handphone dan kredit usaha rakyat (KUR) untuk para TKI dinilainya sangat tidak relevan.

"HP bukan solusi, apalagi mau dikasih KUR. Pemberian KUR ini akan menimbulkan calo-calo. Jadi masalah lagi. Harusnya kan KUR itu untuk pemberdayaan dalam negeri, bukan TKI. Kok TKI dikasih KUR," katanya.

Moratorium menjadi agenda penting yang akan didesak Menakertrans pada pertemuan nanti. "Memang harus moratorium," kata Rieke.

Menurutnya, moratorium merupakan langkah yang tepat untuk dilakukan hingga ada kesepakatan (MOU) yang mengatur dan melindungi para tenaga kerja Indonesia di negara terkait.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Selain moratorium, DPR juga akan meminta penjelasan terkait proses seleksi konsorsium perusahaan asuransi TKI yang dinilai ada unsur kolusi dan nepotisme. "Kami juga akan tanyakan soal asuransi," katanya.

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024