Komnas Perempuan: Stop Pengiriman TKI

Sumiati, TKW korban penyiksaan di Arab Saudi
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Komisi Nasional Perempuan meminta pemerintah menghentikan sementara pengiriman TKI. Pernyataan ini terkait maraknya kasus penganiayaan TKI di luar negeri, terakhir Sumiati, asal NTB yang menjadi korban penganiayaan majikannya di Arab Saudi.

"Dihentikan sementara terlebih dulu sampai benar-benar disiapkan perjanjiannya," tutur Komisioner Komnas Perempuan, Neng Dara Afifah, Minggu, 28 November 2010.

Dia menilai Indonesia harus memiliki perjanjian yang tegasĀ  dengan negara
tujuan TKI. Setelah itu kedua belah pihak harus memiliki komitmen untuk memenuhi perjanjian bersama itu.

Menurut Neng Dara, pemerintah harus memperbaiki kebijakan. Hendaknya kebijakan yang dibuat pemerintah harus benar-benar tegas dan konsisten. "Pemerintah kurang serius dalam menghadapi kasus ini," tuturnya.

Kata dia, jika terjadi permasalahan terhadap TKI tindakannya hanya responsif saja tetapi tidak antisipatif terhadap kekerasan yang akan terjadi selanjutnya.

Menurut Kristi Poerwandari, ketua Program Studi Kajian Wanita Universitas Indonesia, kasus TKI adalah masalah struktural. "Mengapa mereka bisa ilegal, itulah yang menjadi pertanyaan."

Menurutnya, ada pihak-pihak lain yang dekat dengan kekuasaan yang memungkinkan mereka jalan. "Pasti ada aparat pemerintah yang ikut bermain,"
tambahnya.

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah
Sidang Perdana Perselisihan Hasil Pilpres 2024, Anies-Muhaimin

Cak Imin Siap Hadiri Sidang Putusan Sengketa Pilpres Jika Diwajibkan MK

Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan siap hadir di sidang pembacaan putusan sengketa PHPU di Mahkamah Konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024