NASIONAL

Polisi Bentrok dengan TNI di Makassar

Tak tanggung-tanggung, kepolisian dari Polrestabes Makassar terlibat bentrok dua kali.
Rabu, 24 November 2010
Oleh : Hadi Suprapto
Polisi terluka dalam bentrokan di Makassar

VIVAnews - Aparat kepolisian Makassar yang sedianya melakukan pengamanan dalam pertandingan PSM Makassar melawan Persiwa Wamena, Rabu, 24 November 2010, justru terlibat dalam aksi keributan.

Tidak tanggung-tanggung, kepolisian dari Samapta Polrestabes Makassar terlibat bentrok sebanyak dua kali, yakni dengan TNI dan supporter PSM Makassar.
 
Keributan pertama terjadi sekitar pukul 20.30 Wita di halaman Stadion Andi Mattalatta, Makassar. Puluhan polisi dan TNI saat terlibat keributan, bahkan suara tembakan mewarnai keributan tersebut.
 
Informasi yang beredar, bentrokan tersebut berawal dari salah satu pintu VIP Stadion Andi Mattalatta. Saat itu kepolisian ingin memasukkan anggotanya ke stadion untuk menonton PSM. Namun anggota TNI dari satuan Batalyon Kavaleri tidak mengizinkan anggota polisi tersebut masuk ke stadion. Akibatnya, polisi marah dan terlibat baku pukul dengan anggota TNI tersebut.
 
Insiden tersebut kemudian meluas hingga melibatkan puluhan personel dari dua pihak. Beberapa kali suara tembakan bahkan terdengar ketika bentrokan terjadi. Akibat bentrokan tersebut, dua orang dilaporkan terluka dan dilarikan ke RS. Salah satunya adalah seorang anggota TNI yang terluka dibagian pelipis kiri.
 
Keributan tersebut mereda sekitar 30 menit kemudian. Itu pun setelah Kapolrestabes Makassar, Kombes Polisi Muhammad Nur Samsul dan Dandim tabes 1408/BS Letkol Infantri Agus Prangarso mendatangi tempat kejadian (TKP). Pengamanan dari Yon Kavaleri kemudian dipulangkan dengan menggunakan tiga trek, sedangkan dari kepolisian tetap berjaga-jaga dihalaman Stadion. Dari kejadian tersebut, baik Polrestabes maupun Dandimtabes enggan memberikan keterangan.
 
Sekitar 15 menit pasca keributan dengan TNI, kepolisian kemudian terlibat bentrok dengan ratusan supporter PSM Makassar. Kedua pihak bahkan terlibat saling lempar dengan menggunakan batu, bambu dan kayu. Tidak diketahui penyebab terjadinya bentrokan tersebut.
 
Untuk menenangkan suporter, polisi dari Samapta Polrestabes Makassar dibantu satuan pengamanan dari Brimob Polda Sulsel mengeluarkan tembakan gas airmata. Bahkan satu unit mobil watercanon didatangkan untuk menghalau para supporter.
 
Akibat keributan tersebut, sejumlah fasilitas stadion rusak. Paling parah adalah sejumlah kaca-kaca pintu stadion Andi Mattalatta pecah karena terkena kayu.

Pantauan VIVAnews, Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin turun langsung menenangkan supporter PSM Makassar. Ilham, yang juga Ketua Umum PSM Makassar berkali-kali mengeluarkan imbauan melalui pengeras suara untuk tidak melakukan pelemparan. Tidak hanya itu, Ilham juga mendatangi supporter di tribun terbuka agar tidak melakukan aksi yang bisa merugikan Makassar.
 
“Saya imbau kepada supporter untuk tetap tenang. Jangan melakukan aksi-aksi yang tidak baik,” kata Ilham.
 
Laporan: Rahmat Zeena l Makassar, umi

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found