Intensitas Gempa Bromo Menurun

Aktivitas Gunung Bromo meningkat
Sumber :
  • ANTARA/ Cucuk Donartono

VIVAnews - Meski aktivitas Gunung Bromo di Probolinggo, Jawa Timur, berangsur menurun. Namun, status 'awas' Bromo belum juga diturunkan.

Petugas Pengamatan Pos Pantau Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo, Achmad Subhan mengatakan, amplituda gempa tremor saat ini berangsur turun menjadi 2-3 milimeter. Sebelumnnya amplituda gempa mencapai 30 milimeter.

"Tapi status gunung ini masih awas," kata dia saat dihubungi VIVAnews, Rabu, 24 November 2010. Adanya status ini, warga tidak boleh mendekat puncak gunung hingga radius 3 kilometer. Area ini termasuk kawasan padang pasir Bromo.

Kondisi hingga malam ini, Gunung Bromo masih mengeluarkan asap putih kekuning-kuningan mengarah ke arah Malang. Asap itu membumbung hingga ketinggian 250 meter.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menjelaskan bahwa aktivitas Gunung Bromo meningkat sejak 8 November lalu. Peningkatan ini ditandai dengan terjadinya gempa tremor, gempa vulkanik dalam, dan gempa vulkanik dangkal.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya, umi

Setengah Penjualan Suzuki Berasal dari Mobil Ini
Rizky Nazar dan Syifa Hadju

Tegaskan Hubungan dengan Syifa Hadju Baik-baik Saja, Rizky Nazar: Tidak Ada Orang Ketiga

Aktor Rizky Nazar akhirnya angkat bicara mengklarifikasi kabar miring tentang dirinya yang diduga telah berselingkuh. Diketahui, hubungan asmara Rizky dengan Syifa Hadju.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024