Wagub Jatim: Waspadai Aktivitas Bromo

Bromo Siaga
Sumber :
  • SP/Ikhsan Mahmudi

VIVAnews - Wakil Gubernur Jawa Timur, Saifullah Yusuf, menginstruksikan agar warga di sekitar lereng Bromo, Kabupaten Probolinggo, waspada terhadap aktivitas Gunung Bromo. Dia meminta kepada masyarakat agar mematuhi imbauan pemerintah bila sewaktu-waktu disuruh mengosongkan lokasi.

"Ini supaya tragedi Merapi yang menelan banyak korban bisa dihindari," kata Saifullah Yusuf di Surabaya, Selasa 23 November 2010.

Saifullah mengatakan bahwa  pemerintah daerah Jawa Timur  telah menurunkan tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk melakukan pemantauan dan pengawasan di sejumlah lokasi. "Tidak hanya di Gunung Bromo, melainkan juga di Kelut dan Semeru," katanya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan status Gunung Bromo meningkat menjadi awas.  Peningkatan status ini diputuskan pukul 16.30 WIB, kurang dari 10 jam setelah penetapan status siaga pukul 08.00 pagi tadi.

Guna mengurangi risiko bencana erupsi Bromo, masyarakat, wisatawan, dan pendaki tidak diperbolehkan mendekati gunung dalam radius 3 km dari kawah aktif.

"Area kaldera lautan pasir dalam radius 2,5 km dari kawah aktif, sehingga harus steril dan tertutup dari aktivitas masyarakat dan wisata," tulis keterangan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024