NASIONAL

Gunung Bromo Naik Status Jadi Siaga

Status Bromo dinaikkan menjadi Siaga atau Level III sejak hari ini pukul 08.00 WIB.

ddd
Selasa, 23 November 2010, 15:51
Aktivitas kawah Gunung Bromo meningkat, difoto 13 November 201
Aktivitas kawah Gunung Bromo meningkat, difoto 13 November 201 (Antara/ Musyawir)

VIVAnews -- Gunung Bromo di Jawa Timur naik status. Mulai hari ini, Selasa 23 November 2010, Bromo berstatus Siaga atau Level III.

"Siaga sejak hari ini pukul 08.00 WIB," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono saat dihubungi VIVAnews, Selasa  sore.

Dijelaskan Surono, ada peningkatan aktivitas kegempaan Bromo yang meningkat sejak 8 November 2010. Kegiatan Gempa Vulkanik Dalam (VA) dan Gempa Vulkanik Dangkal (VB) secara fluktuatif terus meningkat. Sejak tanggal 8 November 2010 mulai tercatat Tremor Vulkanik.

"Antisipasinya, wisata Bromo ditutup," tambah Surono.

Pusat Vulkanologi telah berkoordinasi dengan Muspida, Camat, Danramil, dan Polsek. Tim ahli dan pejabat vulkanologi menuju Bromo. "Masyarakat di sekitar diharap tenang, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Bromo."

Sebelumnya, Gunung Semeru juga berstatus Awas. Pendakian dan wisata di dua gunung itu ditutup dalam radius 1 kilometer.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur saat ini juga terus memantau perkembangan aktivitas Gunung Semeru, Kelud, dan Bromo.

Selain pembuatan ring keamanan, Pemprov Jatim juga melakukan sosialisasi kepada warga yang rumahnya dekat gunung-gunung tersebut. Juga sudah disiapkan simulasi penanganan bencana untuk antisipasi jika bencana gunung meletus akhirnya terjadi. (umi)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com