Berapa Besar Dana Pemulihan Ekonomi Merapi?

Pasca Erupsi Merapi
Sumber :
  • AP Photo/Slamet Riyadi

VIVAnews - Sekretaris Kantor Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Indroyono Soesilo mengatakan Pemerintah akan melakukan pemulihan kegiatan ekonomi, walaupun menggunakan sejumlah anggaran yang tersisa.

Anggaran Rp400 miliar pun disiapkan untuk memulihkan ekonomi di sekitar Merapi. Hal ini dikatakan Indroyono usai rapat penanganan bencana di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin 22 November 2010.

"Anggaran 2010 tinggal setengah bulan. Coba dihimpun, itu mendekati Rp400 miliar," kata Indroyono.

Dana itu pun berasal dari sejumlah pos anggaran Kementerian/Lembaga, antara lain Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Pertanian, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Sosial, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Dalam rapat itu, Pemerintah juga membahas anggaran untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di Mentawai, Sumatera Barat, dan Wasior, Papua Barat. Dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di kedua wilayah itu mencapai Rp509 miliar.

"Dana untuk rehabilitasi dan rekonstruksi di Wasior sekitar Rp141 miliar dan Rp368 miliar untuk Mentawai," kata Indroyono.

Selain itu, Pemerintah juga menghitung jumlah kerugian di dua lokasi bencana tersebut. Kerugian di Wasior ditaksir mencapai Rp 280 miliar, sedangkan Mentawai mencapai Rp315 miliar. Sedangkan jumlah kerugian Merapi belum dapat dihitung, karena statusnya masih awas.

Indroyono mengatakan sumber dana untuk rekonstruksi dan rehabilitasi Wasior dan Mentawai diambil dari APBN dan APBD tahun anggaran 2011. Proses akan dilakukan sesegera mungkin dengan grand design yang telah disusun. (hs)

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan
Drama Korea Night Has Come

Simak Profil Pemain Drakor Night Has Come, Dipenuhi Oleh Aktor dan Aktris Populer!

Teruntuk para penggemar drama Korea (Drakor) bergenre misteri dan thriller, drama Night Has Come wajib masuk ke dalam daftar nonton untuk mengisi waktu luang!

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024