DOBELL

Pembacaan Eksepsi Gayus Tambunan Ditunda
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Pengakuan Gayus Tambunan soal kepergiannya ke Bali menjadi tamparan bagi kepolisian dan lembaga peradilan. Harusnya polisi bisa menjaga tahanannya, tidak dibiarkan keluyuran ke sana ke mari.

"Jadi kita berharap berita ini menjadi pelajaran terakhir bagi Polri dan semua pihak yang bertanggung jawab terhadap hal ini, supaya lembaga peradilan kita tidak kembali dilecehkan," kata Wakil Ketua MPR dari FPPP Lukman Hakim Saefuddin, tadi malam.

Dengan kelakuan Gayus seperti itu, maka kepolisian dan lembaga peradilan harus melacak dan menelusuri untuk urusan apa Gayus keluar tahanan itu. "Jangan hanya sekedar berhenti pada dia keluar tahanan, tetapi juga untuk keperluan apa," kata Lukman.

Menurut, lukman ini juga penting supaya masyarakat pun tidak bertanya-tanya karena hal itu bisa diungkap. Karena kalau dibiarkan, masyarakat bisa membuat analisa dan kesimpulan bermacam-macam.

"Motivasi juga bisa bermacam-macam. Bisa jadi ini hanya keteledoran saja. Tapi bisa saja juga ini ada hidden agenda di balik ini," kata dia.

Lukman mengimbau agar Polri tidak perlu takut mengungkap kasus ini demi komitmen reformasi dan tuntutan masyarakat. "Itu kan komitmen kita. Komitmen reformasi itu ya adalah yang membongkar yang begini-begini ini. Saya pikir Pak Timur Pradopo (Polri) juga punya komitmen yang sama," kata Lukman.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santosa juga punya pendapat yang sama. Dia minta polisi mengungkap kasus ini. "Kok bisa melenggang ke luar dari rumah tahanan yang ketat," kata Priyo.

Menurut dia, polisi perlu mengusut pula siapa dibalik melenggangnya Gayus sampai ke Bali agar tidak berkembang spekulasi liar di masyarakat. "Harus diselidiki siapa orang dibalik Gayus supaya tidak menjadi fitnah dan berkembangnya spekulasi yang terlalu kreatif menuduh kesana-kemari tanpa alasan yang jelas," katanya.

Sementara itu Ketua Komisi Hukum DPR Benny K Harman menilai yang perlu diselidiki polisi bukan pengakuan Gayus ke Bali, tetapi siapa dibalik itu. "Yang terpenting adalah siapa orang yang membawa gayus ke Bali," katanya.

Menurut Benny, tugas polisi mengusut siapa yang membiayai kepergian Gayus ke Bali. "Bagi saya mau kemana kek dia itu nggak penting yang penting itu siapa yang mengajak dia pergi, polisi harus mengusut secara tuntas," ujarnya.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024