Obama Terima Oleh-oleh Buku Islam di Amerika

Michelle Obama, Imam Besar Istiqlal, dan Obama
Sumber :
  • AP/Charles Dharapak

VIVAnews - Imam Besar Masjid Istiqlal, Ali Mustafa Ya'qub berkesempatan menjamu Presiden Amerika Serikat, Barrack Obama dan Michelle Obama. Ali Ya'qub dan Obama pun sempat bertukar cindera mata.

"Kami berikan plakat Istiqlal dan buku profil Istiqlal," Ali Ya'qub kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu 10 November 2010. Selain itu, Obama juga mendapat dua buku karya Ali Ya'qub. "Islam di Amerika dan Islam between war and peace."

Dia mengatakan, dalam kunjungan ini Obama senang menyebut Indonesia sebagai negara kedua. "Kata-kata itu menarik sekali bagi dia, buktinya ketika pamitan dia salaman dengan saya," kata dia.

Menurut Ali, ketika pamitan itu Obama mengatakan, "Saya datang ke negara kamu yang pertama, tapi negara saya yang kedua," kata Ali Ya'qub menirukan Obama.

Ali Ya'qub mengatakan sempat menceritakan sejarah berdirinya Istiqlal kepada Obama dan sang istri. Dia juga menunjukkan dan menceritakan menara Istiqlal setinggi 66,66 meter yang melambangkan jumlah ayat Alquran dan tiang-tiang sejumlah 30 yang melambangkan jumlah juz dalam Alquran.

Tak hanya itu, Obama pun juga bertanya mengenai bedug yang berada di Istiqlal. Ali pun menceritakan bahwasanya bedug sebagai simbol Islam menghormati kebudayaan masyarakat setempat. Islam, kata dia, tidak pernah menghancurkan kebudayaan masyarakat dan agama lain.

"Secara umum, beliau merasa senang. Di istana hanya (berupa) ucapan, tapi di Istiqlal adalah simbol," kata dia.

Ali Ya'qub juga menjelaskan bagaimana harmonisnya hubungan antara Gereja Katedral yang berada di depan Istiqlal. Ali menjelaskan lahan parkir Istiqlal selalu menjadi tempat parkir umat Katolik jika mengadakan ibadah di gereja tersebut. "Dengan gereja kita punya hubungan bagus, kalau ada Natal kita siapkan parkir di Istiqlal," kata dia.

"Obama langsung komentar, dia mengatakan ini contoh kerja sama yang bagus antar umat beragama di Indonesia. Tadi langsung dikomentari."

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024