Obama Diajari Cara Pukul Bedug Istiqlal

Michelle Obama, Imam Besar Istiqlal, dan Obama
Sumber :
  • AP/Charles Dharapak

VIVAnews - Kunjungan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Masjid Istiqlal hanya berlangsung sekitar 20 menit. Dalam kunjungan kali ini, Obama dan istri, Michelle Obama, disambut Imam besar masjid, Ali Mustafa Ya'qub.

"Dia mengucapkan salam, assalamualai'kum, selamat pagi. Lalu kami jawab salam itu," kata Ali Mustafa Ya'qub di kompleks Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu, 10 November 2010.

Menurut Ali Ya'qub, Obama dan Michelle pun sempat naik ke bagian atas masjid untuk menyaksikan kubah Istiqlal dari dekat. "Ke atas hanya bertiga, saya, Obama, dan first lady Michele," kata dia.

Menurut dia, Obama kagum melihat kubah Istiqlal tersebut. "It is a very nice dome," kata Ya'qub menirukan komentar Obama.

Sementara itu, Kepala Biro Protokoler Istana, Lutfi Rauf mengatakan Obama juga ditunjukkan cara memukul beduk. "Hanya diberikan contoh bagaimana pukul bedug, fungsinya bedug itu apa," kata dia.

Sebelum meninggalkan Istiqlal, Obama menuliskan kesan-kesannya terhadap Masjid Istiqlal. Dalam surat yang ditulisnya sendiri, Obama menyatakan kekagumannya akan Istiqlal. Dia berharap kunjungannya kali ini memajukan pengertian antar umat yang berbeda keyakinan.

Rombongan Obama datang pukul 08.25 WIB kemudian pergi meninggalkan Istiqlal pukul 08.45 WIB. Untuk selanjutnya memberikan ceramah di Kampus Universitas Indonesia, Depok. Sementara, Michelle terbang terlebih lebih dahulu meninggalkan Indonesia.

Jakarta adalah negara kedua dalam perjalanan 10 hari Obama keempat negara Asia. Obama telah berkunjung ke India selama tiga hari. Lalu ia akan mengunjungi Korea Selatan untukĀ  menghadiri KTT G20 dan ke Yokohama, Jepang, dalam rangka menghadiri KTT APEC. (adi)

Bakal Ada Adegan Ranjang Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won di Queen of Tears?
Masyarakat gunakan kereta api saat mudik Lebaran 2024 (dok: KAI)

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Masyarakat baru saja merayakan Puasa Ramadan dan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024, pada momen itu mayoritas masyarakat menjalankan tradisi mudik ke kampung halaman. Dari

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024