TUTUP
TUTUP
NASIONAL

Lagi, Lima Relawan Hilang Tak Terevakuasi

Lima relawan lagi belum ditemukan di lokasi zona bahaya Merapi.
Lagi, Lima Relawan Hilang Tak Terevakuasi
Merapi Meletus Lagi (AP Photo / Binsar Bakkara)

VIVAnews - Laporan-laporan warga dan relawan yang hilang di lokasi zona bahaya terus berdatangan. Kali ini, lima relawan lagi belum ditemukan di lokasi zona bahaya Merapi.

"Kelimanya adalah relawan lokal. Mereka hingga kini belum ditemukan," kata anggota Tim Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana), Yadi B, kepada VIVAnews.com di RS Sardjito, Yogyakarta, Senin 8 November 2010.

Lima relawan lokal itu bukan merupakan lima relawan yang tewas sebelumnya. Kelimanya ini merupakan warga Glagaharjo yang diduga terperangkap saat awan panas 'wedhus gembel' meluncur pada Jumat 5 November 2010.

"Kelimanya yakni, Aris Widyatomoko, Yadi Purwohandoko, Agus Febrianto, Ngatimin, dan Supono," ujar dia. Kelima relawan lokal ini saat kejadian masih menjaga di Posko Logistik Glagaharjo.

Saat Kamis malam 4 November, ada laporan aktivitas Merapi kian parah. Sampai akhirnya awan panas meluncur dini hari jelang shubuh. Tim evakuasi akhirnya mengevakuasi relawan.

Mobil truk pun bergantian mengangkut mereka yang akan diturunkan dari zona Bahaya 20 kilometer. Tetapi malangnya, saat truk mencoba mengevakuasi kelimanya, suasana Merapi semakin gawat. Akhirnya, mobil tidak bisa naik. "Mereka terperangkap," ujarnya.

Sebelumnya, sudah lima relawan dilaporkan tewas akibat awan panas. Satu relawan tewas sat awan panas pertama 26 Oktober lalu, empat lainnya saat kejadian 5 November 2010.

Dari empat korban relawan itu, baru dua yang ditemukan. Dua lainnya diduga masih tertimbun abu vulkanik setebal tiga meter di Glagaharjo.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TUTUP