Aktivitas Merapi Akan Diikuti Gunung Semeru

Gunung Semeru
Sumber :
  • Ikhsan Mahmudi | Surabaya Post

VIVAnews - Letusan yang terus berlangsung di Gunung Merapi Yogyakarta dipastikan berimbas terjadinya peningkatan vulkanologi di Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur. Di antara tiga gunung berapi di Jawa Timur, letusan Gunung Semeru diperkirakan paling dahsyat.

"Di antara Gunung Semeru, Bromo dan Kelud, Semeru yang memiliki letusan paling dahsyat setelah Merapi," kata Pakar Geologi, Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS) Amin Widodo, Jumat 5 November 2010.

Dikatakan, yang perlu diwaspadai adalah banjir lahar panas dan dingin. Itu disebabkan keberadaan puncak Semeru yang tinggi melebihi gunung Merapi, yakni 3.676 meter tertinggi di Pulau Jawa.

"Saat ini, Semeru sedang mengumpulkan lahar di atas puncak," lanjut alumni UGM yang saat ini tengah menempuh program S3-nya itu.

Ia menyebutkan, meski dapur magma masing-masing gunung bersifat lokal. Gunung Semeru memiliki rangkaian sejarah panjang dengan Merapi. Tingkat vulkanisme Merapi lebih tinggi dibanding Semeru. Menurutnya, jika aktivitas vulkanik Merapi meningkat, Semeru dipastikan juga akan bergolak.

Sementara, Kelud yang berada di wilayah Kabupaten Blitar dan Kediri juga perlu diwaspadai. Karena ada catatan di tahun 2007 lalu di gunung itu telah membentuk kubah lava.


Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Anies Berkunjung ke Rumah Dinas Cak Imin: Tradisi Lebaran Kita Saling Berkumpul
Demo mahasiswa terkait hasi pemilu 2024

Semua Pihak Diminta Tunjukan Kedewasaan Politik dan Menerima dengan Lapang Dada Hasil Pemilu

Gabungan mahasiswa dari berbagai Universitas menyatakan dukungan terhadap hasil pemilu yang harus dihormati di depan gedung Mahkamah Konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024