Waspada Semeru, 10 Alat Berat Disiapkan

Gunung Semeru
Sumber :
  • RIA Novosti / Mikhail Tsyganov

VIVAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur tidak mau kecolongan dengan meningkatnya aktivitas Gunung Semeru. Itu dibuktikan mereka dengan segera mendatangkan 10 unit alat berat ke lokasi yang berstatus "waspada".

"Kami siapkan sejumlah alat berat, termasuk untuk mendukung saat pelaksanaan simulasi tanggal 28 November nanti," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Jawa Timur, Syahrul Arifin, dihubungi VIVAnews.com, Kamis, 4 November 2010.

Alat berat itu bisa digunakan untuk mengantisipasi terputusnya jalur evakuasi serta kemungkinan lain yang tidak diinginkan. Selebihnya, Badan Penanggulangan juga memberikan penyuluhan kepada warga.

Selain itu, disiapkan juga berbagai jalur evakuasi pengungsi yang bermukim di sekitar Semeru yang memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl) itu. Semua itu melibatkan berbagai elemen, mulai dari SAR, TNI, Polri, relawan hingga  masyarakat sekitar.

Jalur aman pengungsian telah disiapkan di sejumlah lokasi termasuk berbagai shelter untuk pangungsi yang terpisah antara warga dan hewan ternak. Sejumlah pos pantau juga telah disiapkan termasuk mengikutsertakan berbagai pakar kegunungapian. "Mereka, selain dari provinsi juga sejumlah pakar geologi dari Bandung," kata Syahrul.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Dengan persiapan yang matang, diharapkan bisa dapat meminimalisir kemungkinan yang tidak diinginkan.  Gunung Semeru telah mengeluarkan lava pijar diikuti sedikitnya 50 kali gempa, 35 kali gempa tremor dan sekali gempa tektonik. Sejauh ini, pihak Badan Penanggulangan menyatakan hal itu wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024