Anak Krakatau

Mengapa Semburan Gas Beracun Tak Berhenti

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Gunung Anak Krakatau terus beraktivitas. Perut gunung itu terus menyemburkan gas beracun.

"Semburan gas terus terjadi karena magma di dalam perut gunung terus naik keluar. Magma itu mendorong gas beracun meluncur keluar," kata Kepala Bidang Pengamatan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM, Agus Budianto, kepada VIVAnews.com, di Jakarta, Rabu 3 November 2010.

Kapan semburan itu akan berhenti masih sulit diprediksi, sebab dapur magma masih terus aktif.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Selain karena dorongan magma itu, semburan gas beracun itu juga terjadi lantaran gempa vulkanik juga terus meningkat.

Gas yang dikeluarkan itu , jelas Budianto,  menandakan akan terjadi fase erupsi dari Gunung Api. "Itu hal yang wajar dalam sebuah aktivitas Gunung Api seperti Gunung Anak Krakatau," imbuh dia.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sudah melarang warga, khususnya nelayan dan wisatawan mendekat pada radius 2 kilometer. "Gas itu berbahaya dan mengandung racun. Selain itu status Anak Gunung Krakatau menjadi Waspada atau level II," ungkap dia.

Dalam wawancara dengan VIVAnews sebelumnya, Agus  menyampaikan bahwa suhu air laut di sekitar Anak Krakatau peningkatan. Hal itu dikarenakan banyaknya material panas dari Anak Krakatau yang jatuh ke laut.

Berdasarkan data di Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau, Cinangka, Kabupaten Serang. Tercatat dalam sehari kemarin telah terjadi enam kali gempa vulkanik kategori dalam, 117 kali gempa vulkanik dangkal, 223 kali letusan, 157 kali hembusan, dan 219 kali tremor. "Totalnya dalam sehari terjadi 722 aktivitas kegempaan, dan terjadi setiap 5 menit sekali," kata dia.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen
Ria Ricis

Ria Ricis Ngonten Pakai Siger Sunda, Netizen: Kode Pengen Jadi Manten Lagi

Ria Ricis membuat transisi make up yang di awal wajahnya terlihat sangat polos serta hanya berpakaian kaos dengan jilbab hitam, kemudian ia menari-nari kecil.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024