Hari ini Merapi 7 Kali Sembur Wedhus Gembel

Letusan Gunung Merapi 2010
Sumber :
  • ANTARA/Wahyu Putro A

VIVAnews -Kapan Gunung Merapi akan kembali tenang, dia dan tidak menyemburkan awan panas lagi, belum ada yang bisa pastikan. Meramalnya juga susah. Jumat pekan lalu dia sempat tenang, tapi Sabtu dini hari berulah dengan menyeburkan abu vulkanik yang membuat warga Jogya panik sebab dikira wedhus gembel.

PAN Siapkan Bima Arya dan Desy Ratnasari untuk Pilgub Jabar

Hari Minggu kemarin relatif tenang, tapi hari ini dia bendetum lagi yang diikuti oleh hembusan awan panas alias wedhus gembel yang mengarah ke timur, Boyolali dan Klaten.

Pada hari ini tercatat ada empat kali letusan eksplosif yang diawali dengan gempa ringan dari puncak Merapi,

Berdasarkan data di Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, tercatat aktivitas seismic Merapi hingga pukul 18.00 WIB sebagai berikut: gempa guguran sebanyak 100 kali, gempa multipase 13 kali, gempa low frekuensi tiga kali, dan tujuh kali mengelurkan awan panas.

Hingga malam ini, korban meninggal dunia bertambah satu orang akibat luka bakar terkena wedus gembel. Jadi total korban meninggal dunia sudah 39 orang, korban luka bakar yang masih dirawat sebanyak enam orang, empat orang dirawat di RS Sardijto dan dua orang di RS Bethesda.

Pengakuan Jujur Pelatih Korea Selatan U-23 Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Sebelumnya, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono mengatakan bahwa gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah itu belum memberikan tanda-tanda akan diam.

"Belumlah. Tadi juga meletus, bahkan aktivitasnya pada hari ini masih cukup tinggi," kata dia.

Akibat aktivitas Merapi yang terus bergejolak, membuat warga disekitar lerang Gunung Merapi khususnya Kabupaten Sleman memilih untuk tetap berada di tempat pengungsian. Bahkan jumlahnya terus bertambah pasca letusan Merapi hari ini. Total pengungsi hingga malam ini 19.548 jiwa.

Keluarga Umi Pipik dan Irish Bella

Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella Mendadak Dijodohkan, Ini Respons Umi Pipik

Meskipun terpaut usia 5 tahun, banyak yang menyatakan bahwa Abidzar Al Ghifari dan Irish Bella cocok bersama.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024