Belum Ada Tanda Merapi Akan Mereda

Letusan Gunung Merapi tahun 2010
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, hari ini menghadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Dia melaporkan perkembangan dan aktivitas sejumlah gunung berapi di wilayah Indonesia, termasuk Gunung Merapi.

Surono mengatakan gunung yang terletak di perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah itu belum memberikan tanda-tanda akan diam. "Belumlah. Tadi juga meletus," kata dia kepada wartawan di kantor Presiden, Senin 1 November 2010. "Saya mesti siap-siap nih. Masih awas."

Laporan yang dia sampaikan ke Presiden termasuk persiapan-persiapan yang dilakukan petugas. Sejak 2007, kata dia, Vulkanologi dan Mitigasi sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah bagaimana mengantisipasi Merapi. "Sampai keadaaan terkini."

Hari ini, kata dia, penjaga pos pemantau Merapi sudah disuruh turun menyusul letusan yang terjadi tadi pagi. Surono tidak mau mengambil resiko karena kondisi awan panas sudah membahayakan. "Masak kita harus mati," kata dia.

Surono juga menjelaskan bahwa aktivitas gunung berapi tidak saling mempengaruhi satu sama lain. Hal ini sekaligus menjawab perdebatan di masyarakat yang menyebutkan peningkatan aktivitas Gunung Anak Krakatau akibat Merapi.  "Status Anak Kratakau itu sudah lama Waspada. Dia kan engga naik-naik kelas sebelum Merapi berstatus Waspada," kata dia.

Saat ini, sambungnya, ada 19 gunung berapi yang berstatus Waspada dan dua Siaga. Dua gunung yang siaga adalah Gunung Ibu di Halmahera dan Karangetang di Maluku Utara. "Wajarlah, orang Indonesia punya gunung berapi terbanyak di dunia."

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024