NASIONAL

Foto-foto Letusan Gunung Terdahsyat Dunia

Para fotografer mengabadikan letusan dasyat sejumlah gunung dalam kamera.
Senin, 1 November 2010
Oleh : Ismoko Widjaya
Letusan Gunung Terhebat

VIVAnews - Merapi merupakan salah satu gunung yang paling berbahaya di dunia. Awan panas --masyarakat lokal menyebutnya wedhus gembel--yang menyembur dari gunung itu, bak malaikat pencabut nyawa.

Selain Merapi, dari daftar letusan gunung berapi di dunia, amuk Gunung Krakatau tahun 1883, yang berada di Selat Sunda Provinsi Lampung, juga masuk daftar yang paling dahsyat di dunia. 

Muntahan awannya setinggi 80-an kilometer. Sekedar perbandingan, muntahan awan panas Merapi, Selasa 26 Oktober 2010, yang tingginya 1,5 kilometer.  Gemuruh letusan terdengar jauh hingga puluhan ribu kilometer.

Kedahsyatan ledakan diperkirakan mencapai ribuan kali bom atom yang diledakkan di Hirosima dan Nagasaki, Jepang. Berikut Foto-foto Letusan Gunung Terdahsyat di Dunia.

Beberapa letusan dahsyat gunung-gunung berapi sempat terekam kamera. Ada letusan gunung Piton de la Fournaise di kepulauan la Réunion, 5 April 2007, di Samudera Hindia, wilayah Perancis. Kemudian letusan Gunung Tungurahua, Ekuador, Agustus 2006.

Juga ada ledakan dahsyat Gunung Chaiten, Chili, 2 Mei 2008.  Gunung yang berada di selatan Chili ini  sudah lama tidur. Terakhir meletus sekitar  9.500 tahun sebelum letusan tahun 2008 itu. Status aktif gunung ini ditandai dengan munculnya gulungan abu vulkanik dihiasi petir menggelegar.

Kemudian ada pula gambar letusan Gunung Tavurvur, Papua Nugini, 7 Oktober 2006. Gambar yang menyimpan 'sedikit' misteri adalah letusan gunung berapi di Jawa, Hindia-Belanda pada 1800. Terlihat  empat orang mengangkat tangan mereka di depan awan hitam pekat yang menjulang.

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found