Hari Ini, Merapi 'Batuk' dan Berguncang

Ilustrasi wedus gembel
Sumber :
  • AP

VIVAnews -- Hari ini Merapi masih bergejolak. Tak henti-hentinya ia 'batuk', mengeluarkan awan panas 'wedhus gembel' dan abu.

Berdasarkan data seismograf Balai Penelitian Teknologi Kegunungapian (BPTK), pukul 06.10 Waktu Indonesia Barat, terjadi semburan awan panas di Merapi.

Ini terulang lagi pada pukul 08.41-08.50 WIB, terjadi letusan awan panas dengan jarak luncur 4 kilometer mengarah ke Selatan. Diperkirakan menuju ke arah Kali Gendol.

"Ini merupakan fase baru pertumbuhan kubah lava Merapi," demikian menurut data BPTK, Jumat 29 Oktober 2010.

Seismograf juga mencatat lindu di sekitar Merapi. Berdasarkan data, pukul 00.00 hingga 06.00 WIB, terjadi gempa vulkanik selama 16 kali dan gempa multiphase (MP) 15 kali.

Di jam-jam itu, juga terjadi guguran sebanyak 87 kali dan erupsi awan panas satu kali, yakni pada pukulĀ  01.17 WIB.

Sebelumnya, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, menyatakan bahwa Merapi sudah mulai tenang.

Api diam jadi penanda sistem telah terbuka -- bahwa sekarang aktifitasnya Merapi sudah relatif stabil, tidak bergejolak.

Itu artinya, kecil kemungkinannya akan terjadi erupsi besar seperti yang terjadi Selasa 26 Oktober 2010.

Selasa petang, Merapi memuntahkan awan panas dan abu tebal. Kampung halaman juru kunci Merapi, Mbah Maridjan porak poranda diterjang wedus gembel. Abu setebal lebih dari 20 senti menyelimuti.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Letusan Merapi makan korban jiwa, termasuk Mbah Maridjan dan sahabat kami, wartawan VIVAnews.com, Yuniawan Wahyu Nugroho. (hs)

Laporan: Fajar Sodiq| Yogyakarta

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi
Mak Vera.

Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam

Bahkan setiap tahun, Mak Vera selalu datang ke makam Olga Syahputra untuk kirim doa tepat di hari lahirnya yakni 8 Fabruari dan hari meninggalnya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024