Surono: Tanda-tanda Merapi Mulai Tenang

Letusan Gunung Merapi tahun 2010
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Kepala Riset Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Surono, menyatakan bahwa status Merapi sudah mulai tenang karena sistem yang ada di dalamnya sudah mulai terbuka.

"Sekarang sudah ada api diam. Itu berarti sistem sudah terbuka. Ini agak melegakan buat saya," kata Surono ketika dihubungi VIVAnews, Kamis 28 Oktober 2010.

Dengan terbukanya sistem itu, tambah Surono, tekanan dari bawah Merapi tidak akan terakumulasi lagi. Dengan adanya awan panas atau wedhus gembel pada pukul 16.15 wib dan 19.54 wib, tandanya Merapi sudah merilis energi tekanan itu. Meski muncul kubah lava, menurutnya tidak masalah karena kemudian muncul api diam.

"Api diam itu menandakan sekarang aktifitasnya Merapi sudah relatif stabil, tidak bergejolak seperti sebelum tanggal 26 kemarin," kata Surono.

Kalau sudah begitu, lanjut Surono, berarti kecil kemungkinannya akan terjadi erupsi lagi seperti Selasa 26 Oktober kemarin. "Karena tidak mungkin ada energi besar yang terakumulasi lagi kalau sistem sudah terbuka seperti itu," kata Surono.

Erupsi Merapi pada Selasa lalu membuat lebih dari 30 orang tewas. Di antara korban tewas terkena awan panas adalah wartawan VIVAnews.com, Yuniawan Nugroho, dan Juru Kunci Merapi, Mbah Maridjan.

Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani di Jalan Kertanegara 16, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin 5 Februari 2024

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sekretaris Jenderal Gerindra mengatakan kemenangan Prabowo Subianto bukan akhir dari perjuangan melainkan awal perjuangan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024