Wedhus Gembel Muncul Lagi dari Puncak Merapi

Erupsi Gunung Merapi Yogyakarta pada Selasa 26 Oktober 2010
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro A

VIVAnews - Gunung Merapi kembali mengeluarkan lahar panas sekitar pukul 16.00 WIB. Jarak luncuran lahar panas tersebut diperkirakan mencapai 3 kilometer mengarah ke arah Kali Gendol. Aktivitas ini diketahui oleh tim satkorlak yang terdiri dari TNI, SAR dan petugas lain yang sedang melakukan evakuasi hewan ternak korban Merapi.

Wakil Bupati Sleman, Yuni Satya Rahayu, mengatakan lahar panas terlihat meluncur berdasarkan laporan dari petugas tim evakuasi hewan ternak yang sedang melakukan evakuasi di sekitar Kinahrejo dan Kaliadem.

“Tadi ada laporan dari Pak Widi, Ketua Satkorlak, yang menginformasikan jika ada luncuran lahar panas. Kira-kira luncurannya sejauh 3 kilometer mengarah ke Kali Gendol,” kata dia menirukan ucapan Widi Sutikno, Komandan Satkorlak Tanggap Darurat Bencana Merapi Sleman, Kamis, 28 Oktober 2010.

Yuni menambahkan, sebelum adanya luncuran, sejumlah petugas tim evakuasi merasakan getaran-getaran yang cukup kuat sekitar lereng Merapi. “Kalau lahar akan meleleh biasanya didahului dengan getaran-getaran. Sehingga, tim evakuasi hewan ternak langsung ditarik turun. Karena kondisi bahaya,” ucapnya.

Menurut Kepala Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, Gunung Merapi kembali menunjukkan aktivitasnya pada pukul 16.16, dengan mengeluarkan awan panas alias wedhus gembel.

"Ada luncuran awan panas lagi. Kali ini tingginya 3,5 kilometer," kata Kepala Pusat Vulkonologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono, saat dihubungi VIVAnews, Kamis 28 Oktober 2010.

Surono menjelaskan, kali ini arah awan panas Merapi mengarah ke selatan. Mengenai dugaan adanya korban jiwa, Surono mengaku belum tahu. "Saya belum menerima laporan," ujarnya.

Pada 26 Oktober, Merapi dua kali mengeluarkan awan panas. Saat kejadian awan panas wedhus gembel dimuntahkan dari Merapi pada Selasa 26 Oktober 2010, sekitar pukul 17.02 WIB dan sirine peringatan mengaung di kampung Mbah Maridjan, sejumlah wartawan yang berada di rumah kuncen itu berhasil dievakuasi.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

Laporan Fajar Sodiq | Sleman

Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024