PKS: Soeharto Layak Jadi Pahlawan

Soeharto dan Ibu Tien
Sumber :
  • www.masboi.com

VIVAnews -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) beberapa waktu yang lalu pernah mengiklankan Seoharto sebagai 'Guru Bangsa' dan 'Pahlawan Nasional' di sebuah stasiun televisi -- saat peringatan Hari Pahlawan 10 November 2008.

Iklan itu menuai kritik, karena sejumlah kalangan menilai Soeharto tidak tepat  bila dinobatkan sebagai pahlawan. Keberatan juga datang dari mantan Presiden PKS, Hidayat Nur Wahid. Kini ada usulan menjadikan Soeharto sebagai pahlawan nasional. Bagaimana sikap PKS, masihkah menganggap Soeharto pahlawan?

"Bagi PKS, kami pernah mengiklankan beliau sebagai pahlawan. Kami anggapa jasanya selama beliau memerintah layak dinyatakan sebagai pahlawan," kata Sekretaris Jenderal PKS, Anis Matta di Gedung DPR RI Jakarta, Senin 25 Oktober 2010.

Ditanya apakah PKS ikut mengusulkan Soeharto sebagai pahlawan, wakil ketua DPR itu mengatakan, ia memang pernah bertemu dengan Menteri Sosial, Salim Segaf Al Djufri yang juga kader PKS.

"Saya tanya juga tentang masalah ini, beliau mengatan kalau ini usulan masyarakat kepada Mensos dan ini akan diusulkan ke dewan gelar," jelas Anis Matta.

Apakah berarti PKS mendukung? "Tidak secara resmi seperti itu tapi kita anggap beliau layak," kata dia.

PKS bukan satu-satunya partai yang menyatakan dukungan. Sebelumnya Partai Golkar bahkan memberikan sikap politik terkait Soeharto.

"Golkar memberikan apresiasi positif pada masyarakat yang telah mengusulkan HM Soeharto dan beberapa nama lain kepada pemerintah untuk ditetapkan sebagai pahlawan nasional," kata Idrus Marham, Sekretaris Jenderal DPP Golkar dalam jumpa pers hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Golkar di Jakarta, Rabu 20 Oktober 2010.

Menteri Sosial,  Salim Segaf Al Djufri mengatakan usulan menjadikan Soeharto pahlawan murni dari bawah. "Sebetulnya kami ini tidak masuk tim pengusul, nggak ada partai, murni dari bawah."

Soeharto masuk dalam daftar 10 nama calon pahlawan. Dia diusulkan Jawa Tengah.

Selain itu, ada juga nama Mantan Gubernur DKI Ali Sadikin yang diusulkan dari Jawa Barat, Habib Sayid Al Jufrie dari Sulteng, KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dari Jawa Timur. Juga ada nama Andi Depu dari Sulawesi Barat, Johanes Leimena dari Maluku, Abraham Dimara dari Papua, Andi Makkasau dari Sulawesi Selatan, Pakubuwono X dari Jawa Tengah, dan Sanusi dari Jawa Barat.

Mobil Ini Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan
Dian Sastro dan keluarga.

Intip Potret Outfit Para Artis di Hari Lebaran 2024, Pake Shimmer-shimmer Gak Ya?

Sejumlah artis Tanah Air pun ikut merayakan hari Lebaran ini dengan penuh suka cita. Tidak sedikit yang kompak memakai seragam untuk keluarga kecil mereka. Seperti apa?

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024