Lahar Merapi Mengancam Kali Gendol

Gunung Merapi
Sumber :
  • Fajar Sodiq

VIVAnews - Gunung Merapi statusnya dinaikkan menjadi siaga. Gunung itu juga masih aktif menyemburkan guguran. Kini, lahar Merapi dikhawatirkan akan mengancam Kali Gendol.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana  Energi Kementrian ESDM, Surono saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 23 Oktober. Surono mengatakan saat ini bagian terawan mengarah ke arah Kali Gendol.

"Untuk sementara ini memang yang terawan adalah Kali Gendol. Tapi kita nggak mau berandai-andai dan fokus pada satu tempat saja karena potensi itu tidak hanya satu tempat saja. Kita tetap berjaga-jaga dengan arah yang lainnya," kata Surono.

Surono menambahkan menurut laporan yang ia terima, untuk hari Jumat, 22 Oktober kemarin tercatat terjadi 51 kali gempa vulkanik dan juga terjadi gempa multi phase sebanyak 514 kali. Dengan semakin tingginya gempa phase itu dan juga naiknya status merapi maka dikeluarkan larangan untuk melakukan aktivitas di sekitar sungai-sungai yang berhulu ke Gunung Merapi.

"Sudah diputuskan untuk tidak ada penambangan di sana. Tidak ada kegiatan di sana. Kami tutup semua daerah penambangan di sana," ucapnya lagi.

Sementara untuk warga sekitar, Surono menambahkan sudah dilakukan sosialisasi dan juga pelatihan. Mereka juga sudah mengingatkan masyarakat untuk lebih berhati-hati dan berjaga-jaga.

"Kita sudah bikin MOU dan bekerjasama dengan masyarakat wajib latih, satu keluarga satu orang untuk mengantisipasi karena mereka kan berada di daerah yang bahaya," ujarnya.

Sementara itu, meningkatnya status Gunung Merapi menjadi Siaga membuat pemda di sekitar gunung api teraktif itu ikutan siaga. Pemkab Magelang langsung menyiapkan 52  barak pengungsian atau Tempat Pengungsian Akhir (TPA) untuk mengantisipasi terjadinya letusan Gunung Merapi.

Shin Tae-yong: Pelatih Timnas yang Juga Mahir Kendarai Truk dan Mobil Setir Kanan
Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!

Penyerang Timnas Indonesia U-23 Rafael Struick meluapkan kegembiraan usai mengalahkan Korea Selatan 11-10 lewat adu penalti dalam perempatfinal Piala Asia U23 Jumat 26/4.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024