NASIONAL

Durian Termahal di Dunia dari Kotoran Gajah

Proses mendapatkannya mirip Kopi Luwak. Tak hanya lezat, 'Durian Gajah' juga afrodisiak.

ddd
Jum'at, 22 Oktober 2010, 09:36
 
  (wordpress.com)

VIVAnews -- Ini kedengarannya menjijikan: durian termahal dan mungkin terenak di dunia datang dari kotoran Gajah. Hah?

Ini makanan kedua yang datang dari 'kotoran hewan.

Yang pertama, tentu saja Kopi Luwak -- yang dinobatkan sebagai kopi termahal di dunia. Proses mendapatkan 'Durian Gajah' itu juga mirip.

Jika penduduk asli Sumatera mencari biji kopi yang belum tercerna di kotoran Luwak, masyarakat Jakun di hutan-hutan Malaysia akan mengikuti gajah yang baru menelan banyak durian.

Mereka mengambil risiko mengikuti binatang mamalia ini setidaknya selama empat jam -- durasi yang dibutuhkan hewan itu untuk mencerna durian -- sebelum buah yang tak tercerna keluar bersama kotoran.

Adalah penasehat Malaysia Nature Society cabang Johor, Vincent Chow yang mendengar keberadaan durian unik ini dari temannya seorang taipan kayu dan penduduk asli hutan 'Orang Asli'.

Kata dia, konglomerat kayu ini selalu mengajukan pesanan pada Orang Asli selama musim durian.

Karena stoknya yang langka, sang taipan mau merogoh kocek agak dalam -- membayar RM1.000 atau Rp2,8 juta demi memuaskan hasrat makannya itu.

"Tentu saja Orang Asli mau mengikuti jejak para gajah karena mereka tahu akan dibayar mahal," kata Chor, seperti dimuat situs  New Straits Times, Jumat 22 Oktober 2010.

Jangan bayangkan kotoran kerbau atau kambing yang baunya minta ampun.

"Menurut warga setempat, bau kotoran gajah seperti teh, tidak menyengat seperti herbivora lainnya."

Durian yang belum tercerna itu diklaim tak mengandung kotoran dan bakteri.

Bahkan, sang taipan mengklaim durian semacam itu akan jadi  afrodisiak alias makanan pembangkit gairah seksual -- setelah melewati proses pencernaan gajah.

Meski tak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim itu, permintaan 'Durian Gajah' makin tinggi dan harganya terus meningkat.

Berani mencoba? (sj)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
santi
02/02/2011
wew ddahsyat bgt ya tuh durian. kirain org aja yg doyan tnyt gajah jg doyan. mau dong, ada yg mau beliin????????????
Balas   • Laporkan
fwann
31/01/2011
apaaaa coba. meneh cari makanan yg sihat dan bergiji dan halal aja banyk. Kalo buat nambah gairah, ya, itu buat org2 punya msalah ma gairah aja, gw mah bergairah setiap waktu, hee. gak perlu domplengan begituan, aya aya wae
Balas   • Laporkan
johanlee
31/01/2011
ada yg murah tuh. "durian dari kotoran gajah. aromanya juga lebih ohyee...
Balas   • Laporkan
lucky
31/01/2011
MASIH BANYAK MAKANAN LAIN YANG LEBIH ENAK DAN MURAH
Balas   • Laporkan
Moehammed Faisal Al-Birimbangi
30/01/2011
Di jambi sudah dari jaman nenek moyang kami. orang sini menyebutnya : durian hutan, ada juga yang menyebutnya duren hantu. GAK HERAN LAGI TUCH SAMA malingsia
Balas   • Laporkan
Rachmat Aini
30/01/2011
Wah, lebih menarik komentar2 nya daripada topik aslinya nih... hehehehe.... Lanjutkan !!!
Balas   • Laporkan
abung utak
20/11/2010
ini Baru Durian... Coba lihat Kawan2 gue dari Suku Batak Karo. ada Masakan Khas Mereka yang berasaL dari Perasan isi Perut Sapi atau Kerbau (Rumput yang tdk/beLum Tercerna) yg dijadikan Kuah Gulai. Mereka Menyebutnya "Tretes" (kaLo tidak salah eja)
Balas   • Laporkan
Andi Ogep
20/11/2010
dasar malingsia..dia pikir mo jadi transetter... ternyata uda ada dluan di lampung & sumsel... malingsia...bisa nya cuma niru aja...gag kreatif...
Balas   • Laporkan
toriq
28/10/2010
jiah,....di lampung dan riau dah lama tau kayak gini dah keburu di klaim malingsia dah
Balas   • Laporkan
qting
25/10/2010
telat amat yak?? udh lama kali yg beginian dilakonin d pulau sumatera, lampung dkk emg enaknya beda dibanding yg mateng dr phn dont trust it?? hv urself a try
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com