Merapi Siaga, Barak Pengungsian Siap

Aktivitas gunung merapi dilihat dari Turgo, Sleman
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVAnews - Status Gunung Merapi dinaikkan dari waspada ke siaga sejak pukul 18.00, petang tadi. Sebanyak enam tenda untuk pengungsian pun dikirim Tim Sar Linmas Pemprov DIY. 

“Sudah kami siapkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk tempat pengungsian," kata Koordinator Bantuan Operasi Sar Linmas Provinsi DIY, Amtono, Kamis, 21 Oktober 2010. "Jika kurang kami meminta bantuan kepada Provinsi.”

Enam tenda yang disiapkan oleh pihak Pemprov DIY kata Amtono adalah tenda multifungsi. Tenda itu tidak saja untuk tempat hunian tinggal, namun juga dapat digunakan untuk dapur umum, rumah sakit atau balai pengobatan.

“Tenda pengungsian yang siap digunakan itu idealnya hanya digunakan untuk hunian orang hingga satu bulan. Setelah itu, penghuninya harus dipindah ke tempat yang permanen,” ucapnya

Sementara itu, barak-barak pengusian yang saat ini telah dibangun di masing-masing kecamatan di bagian utara seperti Cangkringan, Turi, Tempel dan Pakem, juga sudah siap huni. “Di lokasi barak juga disiapkan sarana dan prasarana yang memadai, seperti untuk MCK dan dapur umum,” ujarnya.(ywn)

Laporan: KDW| Yogyakarta

Antisipasi Dampak Buruk Konflik Iran-Israel, Pemerintah Wajib Simak 3 Saran Kebijakan Ekonomi Ini
VIVA Otomotif: logo Nissan

Nissan Kembangkan Baterai Canggih untuk Mobil Listrik

Nissan belum lama ini mengumumkan langkah baru dalam pengembangan baterai solid-state, dengan memamerkan jalur produksi uji coba di Pabrik Yokohama. Jalur produksi ini me

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024