NASIONAL

Ikuti Sayembara Desain Masjid Suramadu

Desain yang ditawarkan diharapkan memiliki napas budaya Madura.

ddd
Kamis, 21 Oktober 2010, 21:01
 
  (Eric Ireng)

VIVAnews - Untuk melengkapi fasilitas umum sekitar Jembatan Nasional Surabaya-Madura (Suramadu), khususnya sisi Madura, Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) akan membangun sebuah masjid. Desain bangunan segera disayembarakan.

Pendaftaran sayembara dimulai 19 Oktober sampai 4 November 2010. "Terbuka untuk umum, termasuk mahasiswa, arsitek, konsultan perencana, profesional, dan para akademisi," kata Deputi Perencanaan Badan Pelaksana BPWS, Maurits Pasaribu, dalam rilisnya, Kamis, 21 Oktober 2010.

Masjid itu akan dibangun di tempat peristirahatan (rest area) di kaki jembatan Suramadu sisi Madura. Desain yang ditawarkan diharapkan memiliki napas budaya Madura dengan tetap memperhitungkan perkembangan terkini dalam bidang arsitektur dan konstruksi. Selain bernuansa religius, juga harus berwawasan lingkungan dan hemat energi.

Masjid dibangun di atas tanah seluas 2.500 meter persegi. Komposisi bangunan masjid terdiri dari dari ruang salat utama, teras yang juga berfungsi sebagai pelebaran ruang salat, ruang pengelola, tempat wudlu, perpustakaan, dan menara. Luas lahan yang digunakan untuk masjid sekitar satu hektare.

Desain hasil karya selambat-lambatnya diterima panitia pada 6 Desember 2010. Panitia seleksi akan memamerkan 20 karya nominasi terbaik di kantor BPWS pada 13-15 Desember 2010, sebelum dipilih tiga pemenang oleh dewan juri yang terdiri unsur akademisi, arsitek profesional, ulama, dan budayawan Madura.

Untuk kepentingan itu, BPWS tengah melakukan proses pembebasan lahan seluas lima hektare di sisi Barat jalan akses sisi Madura, tepatnya di Desa Sukolilo dan Pangpong, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Madura.

“Lokasi rest area hanya berjarak sekitar 300 meter dari jembatan. Posisinya di sekitar lahan bekas kantor proyek Jembatan Suramadu sisi Madura,” kata Maurits Pasaribu.

Sejumlah fasilitas yang nantinya dimiliki rest area, di antaranya SPBU, food court, café, tempat penampungan PKL, areal parkir, ruang terbuka hijau (RTH) dan taman serta kantor pengelola. Di tempat itu, nantinya juga akan dilengkapi dengan pusat informasi pariwisata Pulau Madura.(ywn)

Laporan: Tudji Martudji| Surabaya



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com