Status Merapi Naik Menjadi Siaga

Aktivitas gunung merapi dilihat dari Turgo, Sleman
Sumber :
  • Antara/ Wahyu Putro

VIVAnews - Terhitung sejak pukul 18.00, Kamis, 21 Oktober 2010, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi dari waspada ke siaga.

Peningkatan status dari status waspada ke siaga ini akibat tingkat devormasi, gempa vulkanik, dan gas vulkanik mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan beberapa hari yang lalu.

"Dengan pertimbangan tingkat devormasi, gempa vulkanik dan gas vulkanik yang terus mengalami peningkatan maka sejak pukul 18.00 WIB tadi BPPTK Yogyakarta meningkatkan status Gunung Merapi dari Waspada ke Siaga," ujar Kepala BPPTK Yogyakarta, Subandrio, ketika dihubungi.

Subandrio menyatakan dengan status siaga ini maka aktivitas penambangan pasir yang berjarak delapan kilometer dari Gunung Merapi harus berhenti. Warga yang berada di wilayah III daerah rawan bencana Merapai harus meningkatkan kewaspadaan dan pendakian gunung Merapi juga harus dihentikan.

"Bagi pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang dan Boyolali harus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi letusan gunung Merapi," ujarnya.(ywn)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Laporan: KDW| Yogyakarta

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024