Ribuan Warga Yogya Kirab Malam Satu Suro

VIVAnews -  Ribuan warga Yogyakarta memandati hampir seluruh jalan di Malioboro untuk mengikuti kirab budaya, untuk menanti tahun baru islam, atau yang biasa disebut oleh orang Jawa sebagai malam satu suro.

Dalam kirab "patok nagoro" ribuan warga berjalan dengan menggunakan pakaian adat Jawa,  sambil mengusung pusaka seperti keris, tombak, pedang, yang sebelumnya telah dimandikan.

Rute kirab dimulai dari Jalan Solo menuju Tugu Yogyakarta, kemudian melewati Jalan Mangkubumi, masuk ke Kota Baru dan kembali ke Jalan Solo, kemidan masuk ke arah Babasari, Sleman.

Dalam perjalan kirab itu masyarakat akan singgah di Tugu Yogyakarta dan mengelar doa, yang inti memohon harapan yang lebih baik di tahun baru mendatang.

Kirab juga akan diselingi dengan menyebar gunungan sesaji, yang biasanya akan menjadi perebutan warga yang menonton  kirab tersebut.

Pelaksanaa kirab juga mendapat pengawalan ketat dari petugas Polres Sleman dan Polwiltabes Yogyakarta. Arus lalu lintas juga akan dialihkan selama kirab berlangsung.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Laporan : Michael/ANTV Yogya

Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024